Supaya Mata Karyawan Selalu Sehat

Bebasnya penjualan obat tetes mata di Indonesia sangat disayangkan ahli kesehatan.
Hampir semua pekerjaan mengharuskan kita menatap layar komputer. Jika tidak diperhatikan dengan benar, kesehatan mata jadi taruhannya. Supaya mata secara menyeluruh selalu dalam keadaan sehat, usahakan jarak antara mata dan layar komputer sekitar 50 sentimeter.

"Sedangkan kalau teve jarakanya harus tiga kali dari besarnya layar," kata dr Ferdiriva Hamzah, Sp.M.

Dokter mata dari Vitreo Retina Service Jakarta Eye Centre (JEC) melanjutkan, brightness juga harus diperhatikan. Sesuaikan dengan ruangan tempat kita bekerja. "Jangan terlalu terang jangan juga terlalu gelap. Sesuaikan dengan ruangan. Makanya di Macbook atau di komputer lain suka ada auto brightness untuk menyesuaikan dengan ruangan," kata dia menambahkan.

Kedua, jangan pernah ada sumber cahaya lain di belakang komputer, misalnya saja lampu belajar. Munculnya dua cahaya hanya akan membuat mata jadi lelah.

"Ketiga, setiap 30 menit istirahatlah. Istirahat bukan nonton atau malah nge-Path. Lihatlah yang jauh-jauh untuk relaksasi mata biar nggak tegang. Lalu tutup mata selama 10 detik. Pakailah air mata buatan agar matanya laebih lembab lagi," kata dia menekankan.