Rekor Pertemuan Laos Vs Timnas U-23

Jadwal sepak bola putra Asian Games 2018, Laos vs Indonesia. (Dody Iryawan)
Timnas U-23 wajib habis-habisan saat menghadapi Laos di lanjutan penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (17/8/2018). Kemenangan wajib diraih karena selain untuk tiga poin, kemenangan juga penting untuk memberikan kado HUT RI ke-73.

Mengacu pada tabel klasemen, peluang Timnas U-23 sebenarnya belum habis untuk melangkah ke babak selanjutnya. Pasukan Luis Milla menghuni peringkat ketiga dengan raihan tiga poin.

Adapun Laos saat ini bertengger di dasar klasemen Grup A. Pasukan Mike Wong belum pernah menang dalam dua laga terakhir.

Jadi, kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Namun, secara head to head, Laos lebih diunggulkan dalam laga nanti.

Sejauh ini, kedua tim sudah bertemu tiga kali dalam laga resmi. Timnas Indonesia U-23 meraih sekali kemenangan, dan dua laga sisanya milik Laos.

Sedikit bernostalgia, pertemuan pertama kedua negara untuk level U-23 terjadi pada SEA Games 2009. Ketika itu, Timnas Indonesia U-23 harus menyerah 0-2 dari Laos pada laga penyisihan Grup B. Lamnao Singto menjadi momok buat tim Merah Putih karena memborong dua gol.

Dua tahun berselang, Timnas Indonesia U-23 kembali menantang Laos dalam laga persahabatan. Lagi-lagi Dewi Fortuna belum berpihak pada Garuda Muda yang menyerah 2-3.

Terakhir, kedua tim dipertemukan pada pertandingan persahabatan. Ini menjadi momentum sejarah buat Timnas Indonesia U-23 yang mampu meraih kemenangan dengan skor telak 3-0 atas Laos berkat gol Ramdani Lestaluhu, Andik Vermansyah, serta Alfin Tuassalamony.

Mengingat kedua tim sama-sama mengincar kemenangan pada pertandingan Asian Games 2018 ini, laga nanti diprediksi bakal berlangsung ketat. Timnas U-23 wajib meraih kemenangan atas Laos, sembari berharap Palestina U-23 mengalahkan Hong Kong dengan skor telak.

Bermain pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ternyata menjadi motivasi tersendiri buat Timnas Indonesia U-23. Penyerang naturalisasi, Alberto Goncalves, sadar laga nanti akan sangat penting untuk timnya.

Pemain yang akrab disapa Beto itu bertekad memberikan kemenangan sebagai kado kemerdekaan untuk Republik Indonesia. Penyerang Sriwijaya FC itu pun yakin masyarakat akan memberikan dukungan yang luar biasa karena laga berlangsung pada hari spesial untuk bangsa Indonesia.

"Kami pasti lebih bersemangat, kami akan bermain lebih baik. Besok adalah hari kemerdekaan, sudah dipastikan stadion akan sangat ramai. Kami harus meraih kemenangan dan fokus 100 persen untuk memberikan hadiah bagi masyarakat Indonesia," ujar Beto Goncalves.

Demi meraih kemenangan, Beto ingin para pemain lain fokus pada penyelesaian akhir yang jadi masalah pada laga terakhir melawan Palestina U-23. Menurut dia, jika hal itu mampu diatasi maka Timnas Indonesia U-23 bakal meraih kemenangan atas Laos.

"Kami harus fokus dengan penyelesaian akhir. Laos tidak terlalu kuat seperti Palestina, jadi kami harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang kami miliki untuk membuat gol," ujar pemain berusia 37 tahun itu.