Apple Tawarkan Dual SIM di iPhone Terbaru

Peluncuran iPhone XS di Apple Event, California. Jeko I.R.

Apple resmi memperkenalkan dua iPhone terbarunya, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max. Kedua model ini hadir dengan kemampuan baru, yakni dukungan dual SIM.

Sama seperti smartphone lain yang memiliki fitur serupa, baik iPhone XS dan XS Max dapat menggunakan dua nomor di satu perangkat yang sama. Dengan cara ini, pengguna bisa memakai masing-masing nomor sesuai kebutuhan.

Namun seperti dikutip dari CNET, Jumat (14/9/2018), dukungan dual SIM yang ada di kedua iPhone tersebut berbeda dari smartphone kebanyakan. Alasannya, Apple tidak sepenuhnya menggunakan kartu SIM fisik untuk fitur ini.

Perusahaan asal Cupertino itu menggunakan satu kartu fisik dan eSIM untuk fitur ini. Lewat eSIM pengguna tidak memerlukan kartu fisik saat ingin mengganti nomor yang ingin dipakai.

Fitur dual SIM dan eSIM sendiri bukan barang baru bagi Apple. Sebelumnya, fitur dual SIM sudah sempat hadir di beberapa model iPad dan eSIM tersedia di Apple Watch.

Kendati demikian, fitur eSIM ini tidak akan berlaku di seluruh negara mengingat belum semua operator mendukungnya. Khusus di Tiongkok, Macau, dan Hong Kong, Apple akan merilis iPhone XS Max dengan slot SIM fisik, alih-alih eSIM.

Apple baru saja memperkenalkan tiga model iPhone versi terbaru. Dalam acara yang digelar pada 12 September 2018 waktu Amerika Serikat itu, Apple merilis iPhone XS, XS Max, dan XR.

"iPhone X merupakan definisi smartphone masa depan. Smartphone ini hadir dengan revolusi fitur Face ID dan modus kamera Portrait Mode. 98 pelanggan kami puas dengan iPhone X," tutur CEO Apple Tim Cook saat peluncuran.

Oleh sebab itu, Apple menghadirkan iPhone XS sebagai penerus smartphone tersebut. Hadir dalam dua model, iPhone X dan iPhone XS Max, smartphone ini memiliki desain identik dengan pendahulunya.

Keduanya tetap mengadopsi desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch di bagian atas. Dalam notch terdapat sejumlah sensor, seperti kamera depan, infrared, flood illuminator, sensor ambient light, proximity, microphone, dan dot projector.

iPhone XS memiliki layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina, sedangkan iPhone XS Max memiliki layar yang lebih besar, yakni 6,5 inci dengan spesifikasi layar serupa.

Kedua iPhone memiliki material stainless steel dengan bezel silver yang menyelimuti pinggiran bodi. Apple turut menyertakan sertifikasi IP68 sehingga kedua model ini tahan air hingga kedalaman 2 meter.

Untuk spesifikasi, iPhone XS dan XS Max dipersenjatai prosesor terbaru Apple, yakni A12 Bionic. Prosesor ini dibekali teknologi Neural Engine dan memiliki 6,9 miliar unit transistor dengan CPU 6 inti.

Seperti biasa, Apple menyediakan tiga pilihan kapasitas penyimpanan untuk kedua iPhone tersebut, yakni 64GB, dan 128GB, dan 256GB.

Urusan fotografi, Apple menghadirkan konfigurasi kamera utama ganda untuk XS dan XS Max yang sama-sama beresolusi 12MP. Keperluan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 7MP.

Baik iPhone XS dan XS Max hadir dalam tiga pilihan warna, yakni silver, gold and space gray. Apple membanderol iPhone XS mulai harga US$ 999 (Rp 14 juta), sedangkan XS Max US$ 1.099 (Rp 16,2 juta).