Usai Geger Harta Karun Sriwijaya, Sumsel Dikejutkan Dermaga Kuno

Foto: Dermaga kuno (raja)
Palembang, Sumatera Selatan menyimpan sejarah tak berkesudahan. Setelah digegerkan perburuan harta karun Sriwijaya, kini warga dikejutkan penemuan dermaga kuno.

Sebuah bangunan tua yang diduga bangunan bersejarah ditemukan di tepian Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Bangunan berbentuk anak tangga itu diduga peninggalan dari masa Kesultanan Palembang.

Penemuan bangunan tua ini membuat warga penasaran dan datang ke lokasi beramai-ramai. Termasuk ada juga utusan dari Dinas Pariwisata Kota Palembang dan para peneliti sejarah. 

Lokasi penemuan bangunan tua berada tak jauh dari lokasi proyek Musi IV, Kuto Batu atau di Muara Sungai Jerujuk. Dari kondisinya yang kusam, terlihat banyak bebatuan tua yang telah disusun seolah bekas dermaga naik turun kapal. 

"Sebenarnya lokasi penemuan itu sudah lama oleh warga sekitar, tetapi mungkin pada saat itu mereka tidak tahu apakah bangunan ini bersejarah atau tidak. Jadi baru ini kami tahu," terang Kapala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani, Jumat (14/9/2018).

Dinas Pariwisata akan meminta arkeolog dan para pakar sejarah untuk meneliti. Baik dari bentuk bangunan, susunan batu, serta usia dari bangunan kusam yang membuat heboh Kota Pempek itu. 

Penelitian dilakukan untuk memastikan bangunan tua tersebut ada pada masa siapa. Mengingat banyak sejarah yang terjadi di Palembang, apakah itu terkait Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan ataupun sebelum masa Kesultanan Palembang. 

"Kami sudah minta sejarahwan dan para arkeolog untuk meneliti. Kalau benar itu bangunan bersejarah, tentu harus seteril agar tak terkena proyek Jembatan Musi IV. Arahnya memang masa Kesultanan atau sebelum Kesultanan,"kata Isnaini.

"Sejarah di Palembang ini sangat banyak sekali, inilah yang tidak bisa untuk kami pastikan. Apakah ini di masa Kesultanan atau masa lain sebelum Kesultanan dan Islam ada di Palembang," katanya lagi.

Salah seorang warga, Aminuddin Salam menyebut bangunan tersebut sejak dari dahulu memang sudah ada. Hanya saja warga tidak tahu jika ternyata memiliki nilai sejarah. 

"Sudah lama ini pak, memang tak terurus dari dulu karna warga mengira bangunan tua. Biasanya pun tertutup sama enceng gondok dan nggak kelihatan. Bantuknya memang seperti tangga, ada juga katanya tempat mandi dari keluarga saudagar kaya dahulunya tingga di sini," kata Amin.

1 comments:

Author
avatar

Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan Uang Gaib,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut,Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari MBAH MARIO, sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan MBAH Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 300JUTA yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi (MBAH MARIOH SANGKUBONOH) di 085-342882-547 jika ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH MARIOH SANGKUBONOH 100% memberikan bukti bukan janji Atau Rekayasa.... ini kisah nyata saya...

Reply