Kemenlu: Semua WNA Korban Gempa dan Tsunami Sudah Ditemukan

Tim penyelamat membawa korban selamat dari sebuah bangunan restoran yang rusak akibat gempa dan tsunami yang menghantam Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). (AP Photo/Tatan Syuflana, File)
Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir mengungkapkan semua Warga Negara Asing (WNA) yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala sudah ditemukan.

Dia menyebutkan WNA terakhir yang ditemukan adalah warga Korea. "Warga asing sudah selesai dengan ditemukannya warga Korea," kata Fachir di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (6/10).

Warga Korea itu tewas tertimbun reruntuhan Hotel Roa-Roa. Jenazahnya berhasil dievakuasi. 

Sebelumnya, 122 Warga negara asing teridentifikasi berada di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, saat terjadi gempa dan tsunami pada Jumat (28/9) pekan lalu. Dari 122 WNA tercatat seorang warga negara Korea dan Belgia belum diketahui keberadaannya.

"Evakuasi WNA per tanggal 2/10/2018 mengenal 122 orang WNA (teridentifikasi 120 orang) dan dua orang belum diketahui (WN Korea dan WN Belgia)," kata Kepala Pusat Data, Indivasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/10).