6 Pesawat Kepresidenan Paling Mahal di Dunia


Jika Anda menganggap Air Force One yang digunakan Presiden Amerika sebagai pesawat kepresidenan paling mahal, maka Anda salah. Karena ternyata ada banyak pesawat kepresidenan lain yang harganya jauh di atas Air Force One. Meski secara teknologi Air Force One tetaplah paling canggih dan paling aman.

Pesawat bagi pemimpin negara tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai simbol dan citra sebuauh negara. Jadi tidak mengherankan pesawat-pesawat itu dibangun dengan fasilitas mewah dan mahal.

Pesawat apa yang paling mahal? Berikut kita lihat 10 pesawat kepresidenan paling mahal di dunia.

6. Boeing 747-200B – Amerika Serikat US$ 325 Juta

Jika setiap penumpang dari Boeing 747-200B membayar  US$1 juta  mereka akan mampu membeli pesawat. Pesawat seharga US$ 325 juta ini adalah  generasi berikutnya dari Boeing 747-100 yang  lebih berat dan kuat. Boeing 747-200B digunakan oleh Presiden Amerika Serikat untuk terbang urusan bisnis tinggi.

5. Air Force One, Amerika Serikat 

Pesawat yang menjadi simbol Amerika ini adlaah Boeing VC-25, dengan banderol harga US $ 325 juta. Fitur yang paling lambang termasuk adalah ruang yang didedikasikan untuk konferensi, meja dan teknologi canggih yang terbungkus dalam interior mewah.  Amerika sedang membangun pesawat baru untuk menggantikan yang lama.

4. Boeing 767 – Zimbabwe US$400 juta

Pesawat Presiden Mugabe seharga US $ 400 juta jelas sangat controversial mengingat negara ini tidak pernah masuk 10 besar negara dengan ekonomi terkuat di Afrika. Eksterior pesawat telah dihiasi dengan bendera bangsa dan tangga dilapisi dengan karpet merah.

3. Airbus A380, Arab Saudi US$500 juta

Pesawat ini milik pangeran Arab Saudi dan hampir seperti sebuah hotel bintang lima yang memiliki. Pesawat ini dapat membawa  hingga 800 penumpang.

2. Boeing 747 – Arab Saudi US$500 Juta

Meskipun pesawat itu harga aslinya hanya sekitar US$ 228 juta, keingingan sang raja untuk  personalisasi interior sesuai dengan keinginannya telah menjadikan harga pesawat bisa mencapai US$500 juta. Pesawat ini dibangun era Raja Abdulalah dan kini digunakan oleh Raja Salman.

Raja Abdullah saat itu menambahkan ruang sauna tertutup marmer, lima kamar tidur, dan 20 kamar pribadi yang lebih kecil.

1. Boeing 787-8 Dreamliner, Meksiko US$600 Juta

Pesawat ini menempati puncak daftar pesawat kepresidenan paling mahal di dunia. Pesawat yang digunakan Presdien Meksiko saat ini Enrique Peña Nieto   dapat mencapai kecepatan ke atas dari 1.000 mil per jam dan bahkan bisa terbang dari pantai barat Amerika Utara sampai ke pantai timur Asia.