Ini Hal Pertama yang Dilakukan Bill Gates Setelah Jadi Miliarder


Ketika Microsoft IPO alias menjadi perusahaan publik pada 1986, kedua co-founder-nya, yakni Bill Gates dan Paul Allen mendadak menjadi miliarder.

Gates dan Allen merupakan dua orang sahabat dari SMA yang dekat satu sama lain, karena sama-sama suka mengoprek komputer.

Gates di usianya yang baru 30 tahun, menjadi CEO dan tak butuh waktu lama dia langsung jadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat.

Saham Microsoft yang dijual Bill Gates membuatnya dapat uang US$ 1,6 juta dan 45 saham miliknya memperoleh nilai pasar US$ 350 juta. Lantas, apa yang pertama kali dilakukan Gates saat menjadi miliarder?

Sebagaimana dikutip Tekno dari CNBC, Sabtu (1/12/2018), Bill Gates langsung membayar utang sebesar US$ 150.000 pada 1986.

Langkah ini pun dianggap cerdas oleh ahli keuangan Kevin O'Leary dan Suze Orman. Keduanya mendorong orang melunasi utang, termasuk hipotek, secepat mungkin.

"Tidak ada untungnya terus berutang. Hidup tak dapat diprediksi, apa yang terjadi jika Anda nantinya harus mengeluarkan uang tak terduga di tempat lain? Kalau utang tak dilunasi, utang Anda nantinya bakal sulit diatur," kata O'Leary.

Sebelum Microsoft menjadi perusahaan terbuka, pada 1979, Gates mulai menghasilkan uang yang cukup banyak. Saat itu Gates langsung membeli sebuah mobil mewah, Porsche 911 supercar.

"Saya membeli satu barang dan itu sedikit royal. Itu mobil bekas, tetapi luar biasa," kata Gates dalam wawancara Bloomberg pada 2016.

Gates pun tidak menjadikan mobil itu sebagai pajangan belaka. Dia suka mengebut dengan mobil tersebut di New Mexico, dekat dengan kantor pusat Microsoft.

Gara-gara mengebut, Gates bahkan sempat ditangkap polisi. Iapun menelepon Paul Allen untuk menjaminnya ke luar dari kantor polisi.

"Kadang ketika saya suntuk di malam hari, saya akan keluar dan berkeliling dengan kecepatan tinggi. Untung aku tidak mati," katanya.

Kekayaan Gates terus meningkat setelah Microsoft jadi perusahaan publik. Dia menjadi miliarder di tahun 1987, waktu usianya 32 tahun.

Saat itu, Gates menjadi orang terkaya paling muda. Kemudian di tahun 1995, kekayaannya meningkat hingga US$ 12,9 miliar.

Pada usia 39 tahun, dia menjadi pria paling kaya di dunia dan menyandang gelar tersebut selama bertahun-tahun.

Kini, kekayaan Gates mencapai US$ 95 miliar. Dia menjadi orang terkaya nomor dua di dunia, atau di belakang pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Saat ini Gates dan sang istri, Melinda Gates, menjalankan yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation yang didirikan pada 2000.