Ponsel Layar Lipat Samsung Mahal Banget, Apa Sebabnya?


Samsung memang belum mengungkap harga ponsel layar lipatnya yang dipamerkan di ajang Samsung Developer Conference bulan lalu. Namun rumor yang beredar menyebut harga ponsel itu berkisar di antara USD 1500 sampai USD 2000. Apa penyebabnya?

Baru-baru ini muncul Bill of Materials (BOM) yang dirilis oleh CGS-CIMB Research yang diduga merupakan harga komponen ponsel layar lipat Samsung. Dari daftar harga komponen itu, terungkap apa yang membuat harga ponsel itu menjulang.

Komponen yang termahal di ponsel tersebut tentunya adalah layar, yang harganya mencapai USD 218,80 per unitnya, sekitar 2,5 kali lipat dibanding harga komponen termahal di bawahnya yaitu komponen mekanik dan elektro mekanik yang harganya USD 87,50.

Prosesor yang dipakai pun harganya tak murah, mencapai USD 71, juga chip memori yang harganya USD 79. Sementara baterainya yang ekstra besar -- 6000 mAh -- hargaya cuma USD 9,20.

Nantinya, menurut dokumen tersebut, ponsel yang bakal bernama Galaxy F itu akan dijual dengan harga USD 1.800, demikian dikutip dari GSM Arena, Senin (17/12/2018).

Dibandingkan dengan BOM sejumlah ponsel flagship lain seperti Galaxy S9+ dan iPhone XS, BOM Galaxy F ini 65% lebih tinggi. Analis memprediksikan Samsung akan mengambil keuntungan 65% dari ponsel ini, serupa dengan yang dilakukan Apple.

Perlu diingat, harga yang disebut di atas hanyalah harga komponen. Sementara masih banyak faktor lain yang menjadi penentu harga sebuah ponsel, seperti biaya marketing, riset dan pengembangan, lisensi paten dan lainnya