Samsung Pinjami Teknologi Sel, The Next iPhone XS Max Jadi Lebih Tipis

Apple akan menggunakan teknologi layar pada Samsung Galaxy S9 Plus demi menekan harga jual iPhone di tingkat eceran.

Tahun lalu, hampir sepertiga dari biaya untuk memproduksi iPhone X dibayarkan Apple untuk Samsung yang memproduksi layar OLED bagi iPhone. Apple pun masih mencari cara untuk memotong rasio biaya sehingga mereka dapat lebih menekan harga eceran akhir dari iPhone XS.

Untuk mencapai tuntutan harga yang lebih rendah dari Apple, Samsung tampaknya menawarkan untuk memasok panel Y-Octa dengan lapisan sentuh yang terintegrasi langsung di layar. Teknologi tersebut saat ini sudah digunakan Samsung di Galaxy S9+. 

Laman GSM Arena, Kamis (13/12/2018), menyebutkan, melalui penggunaan panel Y-Octa, maka iPhone nantinya lebih tipis, lebih ringan, dan yang paling penting lebih murah untuk diproduksi daripada menggunakan panel OLED lainnya. 

Hari ini, media Korea melaporkan, Samsung memang akan meminjamkan teknologi Y-Octa ke Apple. Sayangnya teknologi itu hanya untuk model top-end di 2019, yakni generasi penerus (the next) iPhone XS Max. 

Samsung sendiri bakal menggunakannya untuk kuartet Galaxy S10 dan Note 10. Semua perangkat itu membutuhkan beberapa sentuhan teknologi sel dalam panel Y-Octa demi desain yang diinginkan.