Si Penyihir Lionel Messi


Campeones, campeones, campeones (juara) bergema di Camp Nou. Ini tak lepas dari keberhasilan Barcelona mengunci gelar juara Liga Spanyol 2018/2019 usai mengalahkan Levante dengan skor tipis 1-0, Minggu (28/4) dini hari WIB.

Lionel Messi menjadi aktor di balik keberhasilan Barcelona merebut gelar juara ke-26 di Liga Spanyol. Pemain yang baru diturunkan di awal babak kedua dengan menggantikan Philippe Coutinho, La Pulga sukses membuat puluhan ribu penggemar Blaugrana bergemuruh setelah pemain bernomor punggung 10 itu mencetak gol di menit 62 usai memanfaatkan umpan umpan Arturo Vidal.

Ini merupakan gol ke-21 yang dicetak Messi dalam 19 pertandingan melawan Levante di semua kompetisi. Hingga pertandingan usai Barcelona sukses menjaga keunggulan 1-0.

Tambahan tiga poin sudah cukup buat Barcelona mengunci gelar juara ke-26 di Liga Spanyol. Pasalnya, dengan tiga laga tersisa musim ini, perolehan poin Barcelona (83) sudah tidak mampu terkejar oleh Atletico Madrid (74).

Satu hal yang menarik perhatian dalam perayaan gelar juara ketika Presiden Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales memberikan trofi kepada kepten tim, Lionel Messi. Itu menjadi trofi ke-10 di Liga Spanyol buat pemain berpaspor Argentina selama membela Barcelona. Messi tercatat sebagai pemain Barcelona pertama dalam sejarah klub yang memenangkan 10 gelar La Liga.

Keberhasilan Ernesto Valverde meraih juara Liga Spanyol merupakan langkah pertama buat Barcelona meraih treble winners dalam satu dekade terakhir. Blaugrana masih berpeluang menambah dua trofi di Liga Champions dan Copa del Rey.

Statistik Lionel Messi
Pertandingan kontra Levante merupakan laga ke-450 buat Messi di Liga Spanyol. Dalam jumlah itu, pemain bertubuh mungil itu mencatatkan 338 kemenangan, 73 kali imbang dan kalah 39 kali.

Messi masih jauh dari rekor pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Spanyol. Posisi pertama masih dipegang Andoni Zubizarreta dengan catatan 622 laga bersama tiga klub berbeda yakni, Barcelona, Athletic Bilbao dan Valencia.

Messi juga masih kurang 55 laga untuk mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan jumlah laga terbanyak untuk Barcelona di Liga Spanyol. Dia saat ini berada di belakang Xavi Hernandez yang sudah mengoleksi 505 laga.

Meski demikian, jumlah penampilannya masih kalah jauh dari Zubizarreta dan Xavi. Namun stempel predator berbahaya masih melekat pada dirinya. Total, Messi telah mencetak 19 gol dan tujuh assist dari 17 pertandingan yang berlangsung di Camp Nou musim ini.

Tak hanya itu saja, Messi juga berhasil menjaga tradisi mencetak 34 gol dalam dua musim terakhirnya. Tahun lalu, dia membukukan 34 gol dalam 36 pertandingan di Liga Spanyol.

Musim ini, Messi juga mencatatkan 34 gol dalam 32 pertandingan. Potensi untuk menambah gol masih terbuka mengingat Liga Spanyol masih menyisakan tiga pertandingan.