Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang ASI (1)




Menyusui terutama bagi ibu yang baru kali pertama memiliki momongan merupakan pengalaman berharga yang amat menakjubkan.

Ada banyak manfaat yang dirasakan baik oleh ibu maupun bayi selama menjalani masa-masa ini.

Namun ada beberapa hal yang mungkin belum semua ibu ketahui fakta apa saja yang bakal dialaminya selama menyusui sang buah hati.

Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan dari air susu ibu (ASI):

1. ASI tak selalu berwarna putih
ASI biasanya putih atau berwarna krem, tetapi bisa juga hijau, biru, kuning, atau oranye. Anda juga mungkin akan melihat ASI lebih encer atau kental pada hari berikutnya. "Ini adalah normal dan ibu baru tidak perlu khawatir," kata Sara Chana Silverstein, konsultan laktasi internasional.

2. Salah satu payudara akan menghasilkan lebih banyak ASI
Ini sama halnya saat salah satu tangan atau mata Anda lebih besar. Begitu pula dengan payudara, mungkin juga memiliki ukuran berbeda. Para ahli menyarankan agar para ibu mengawali menyusui pada bagian payudara yang terakhir dipakai menyusui. Hal ini akan membantu menyeimbangkan produksi ASI.

3. Payudara akan bertambah besar
Jangan terkejut jika payudara Anda jauh lebih besar daripada sebelumnya. Hal ini terjadi akibat adanya peningkatan volume susu. Jadi, ini merupakan kondisi yang normal terjadi.

4. ASI tidak hanya keluar dari puting payudara
Ada sekitar 15 sampai 25 saluran susu di masing-masing payudara. Ada beberapa pori-pori di masing-masing payudara yang juga memproduksi ASI.

5. Bisa terjadi kebocoran ASI
Ibu menyusui harus terus membawa breast pad (bantalan payudara). Ini penting untuk diperhatikan, karena saat Anda tidak sedang menyusui, bisa jadi ASI akan terus merembes keluar. Ini bisa terjadi jika memang sudah waktunya menyusui, tetapi Anda tidak sedang berada dekat dengan bayi.

6. Seks bisa menyakitkan
Saat menyusui, jumlah estrogen akan berkurang dan ini membuat vagina Anda kering sehingga hubungan seks terasa menyakitkan.

Selain keenam fakta tersebut masih ada lagi beberapa fakta lainnya. Apa saja? Simak di artikel selanjutnya ya.