Ilmuwan Temukan Kandungan Kokain dalam Udang



Para ilmuwan menemukan kokain dalam udang air tawan dari sungai di Suffolk, pantai timur Inggris. Demikian yang dilaporkan media lokal.

Para peneliti dari King's College London dan University of Suffolk, menguji 15 lokasi berbeda di lima tangkapan sungai di Suffolk. Studi mereka menunjukkan bahwa kokain diidentifikasi dalam setiap sampel udang, serta bahan kimia lainnya seperti pestisida ilegal.

Studi yang dipublikasikan di Environment International, melihat bagaimana paparan mikropolutan akan mempengaruhi satwa liar seperti udang air tawar.


"Seringnya kejadian obat-obatan terlarang terkandung pada satwa liar sangat mengejutkan," kata Leon Barton, penulis laporan itu seperti disitir dari Xinhua, Jumat (3/5/2019).

Barron menunjukkan bahwa para peneliti mungkin berharap menemukan narkoba di daerah perkotaan seperti London, tetapi tidak di daerah pedesaan. 


"Kehadiran pestisida yang telah lama dilarang di Inggris juga menimbulkan tantangan khusus karena sumber-sumber ini masih belum jelas," ujarnya.

Para peneliti percaya bahwa kokain bisa masuk ke dalam air karena kebocoran atau luapan dari selokan, tetapi penyebab pasti kontaminasi ini masih diselidiki.