Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

HIMPITAN ekonomi ataupun hasrat ingin hidup kaya tanpa mau bekerja keras merupakan ladang subur bagi terjadinya tindak kriminal. Berbagai cara kriminal dilakukan dari cara terbilang aneh dan tak masuk akal. Berikut adalah tindak kriminal perampokan dan pencurian terbesar sepanjang masa.

1. Perampokan Central Bank of Iraq (2003)
Kerugian : USD1 miliar

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Pada 18 Maret 2003,beberapa hari sebelum Amerika Serikat (AS) menyerang Baghdad, hampir USD1 miliar dicuri dari Central Bank of Iraq. Ini adalah salah satu perampokan bank terbesar dalam sejarah.
Sekitar USD650 juta ditemukan kemudian di dinding tersembunyi di kediaman Saddam Hussein oleh tentara AS dan uang sisanya tidak terlacak. Pada Maret 2003, sebuah surat tulisan tangan Saddam Hussein meminta USD920 juta untuk dikeluarkan bank dan diberikan kepada anaknya, Qusay.

Petugas bank menyatakan bahwa Qusay dan orang yang tak dikenal membawa uang pecahan USD100, diangkut ke truk selama 5 jam. Qusay kemudian terbunuh oleh tentara AS.


2. Perampokan Obligasi Kota London Inggris (2 Mei 1990)
Kerugian : 292 juta poundsterling

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

John Goddard adalah seorang karyawan berusia 58 tahun yang bekerja untuk broker Sheppards. Ia dirampok saat sedang membawa tas kerja di salah satu jalanan di London. Tas Goddard yang dirampok berisi 292 juta pound sterling dalam bentuk obligasi dari Perbendaharaan Bank Inggris.
Pascaperampokan, Goddard ditahan di Knifepoint. Sementara penyerangnya melarikan diri dengan membawa 301 tagihan Treasury, masing-masing bernilai 1 juta pounsterling. Seseorang bernama Keith Cheeseman ditangkap sehubungan dengan kejahatan tersebut dan dihukum 6,5 tahun penjara.

3. Pencurian Karya Seni di Boston Museum (1990)
Kerugian : USD300 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Beberapa jam setelah perayaan hari St. Patrick di Boston pada 18 Maret 1990, dua orang berpakaian polisi membungkam penjaga pintu masuk dari Isabella Stewart Gardner Museum Boston pada jam 01.24 pagi waktu setempat. Pencuri menggasal sejumlah lukisan bergengsi.
Antara 3 karya Rembrandts, termasuk 'Storm on the Sea of Galilee', 'The Concert' by Vermeer, tembikar perunggu dari China, 'Landscape with an Obelisk' karya Govaert Flinck, 5 sketsa Degas, patung Elang yang terbuat dari perunggu, dan Manet portrait.

4. Perampokan Dar Es Salaam Bank Baghdad Irak (2007)
Kerugian : USD282 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Pada 2007, Baghdad baru saja memasuki masa akhir perang. Di tengah kekacauan itu, terjadilah salah satu perampokan terbesar sekaligus termudah dalam sejarah. Saat panas menyengat di bulan Juli, dua penjaga keamanan Bank Dar Es Salaam masuk ke dalam lemari pengaman.
Kemudian dengan tenang menggasak sekitar seperempat juta USD uang dan benda berharga lain serta memasukkannya ke dalam kendaraan van. Mereka kemudian begitu saja meninggalkan bank membawa hasil jarahan mereka tanpa terlacak.

5. Perampokan Knightsbridge Security Deposit Inggris (1987)
Kerugian : USD111 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Perampokan Knightsbridge Security Deposit terjadi pada 12 Juli 1987 di Knightsbridge, Inggris. Dua orang memasuki Knightsbridge Safe Deposit Centre dan me-request untuk menyewa sebuah safety box.
Setelah diperlihatkan ke tempat penyimpanan, mereka mengeluarkan senjata api dan menangkap manager dan security guard. Mereka membuka semua safety box yang ada dan jumlah total USD111 juta.

Polisi melacak Valerio Viccei sebagai ketua perampok setelah pemeriksaan sidik jari di TKP. Viccei dan teman-temannya ditangkap pada 12 Agustus 1987.

6. Perampokan British Bank of Middle East, Lebanon (1976)
Kerugian : USD25 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Pada 1976, di tengah kekacauan perang sipil di Lebanon, Palestinian Liberation Organization (PLO) melakukan perampokan bank terbesar dalam sejarah Timur Tengah yakni British Bank of Middle East, suatu bank terkaya di Lebanon. Pihak PLO meledakkan bom untuk menyingkirkan hampir semua dinding bangunan, lalu mengirim juru kunci profesional untuk membuka lemari pengaman.
Sesudah itu, para pelaku menggondol kotak-kotak simpanan berpengaman (security deposit box) menggunakan kendaraan trailer. Kerugian bank ditaksir sekitar USD25 juta setara dengan nilai USD125 juta di masa kini.

7. Pencurian Berlian di Bandara Schiphol Amsterdam Belanda (2005)
Kerugian : 75 juta Euro

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah
Pada 25 Februari 2005, dua pria mengenakan seragam maskapai penerbangan Belanda KLM memasuki area keamanan tinggi di Bandara Schiphol Amsterdam. Mereka menyatroni sebuah mobil bagasi yang memuat berlian dalam penerbangan ke Antwerp, Belgia.

Para pencuri memborgol kopernya. Mereka mencuri mobil bagasi itu lalu melarikan diri. Berlian yang dicuri diperkirakan bernilai 75 juta Euro. Tujuh orang ditangkap karena dicurigai melakukan pencucian uang yang diduga terkait dengan pencurian berlian tersebut.


8. Perampokan United California Bank, California, Amerika Serikat (1972)
Kerugian : USD30 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Perampokan ini terjadi pada 1972. Sekelompok pria berjumlah 7 orang dari Ohio, yang dipimpin oleh Amil Dinsio, masuk ke cabang United California Bank di Laguna Niguel, California dan menjarah brankas berisi uang sekitar USD30 juta. Para pelaku akhirnya ditangkap oleh FBI. Salah satu pria yang terlibat, Phil Christopher telah menulis laporan perampokan dalam buku Superthief.

9. Perampokan Antwerp Diamond Center, Belgia (Februari 2003)
Kerugian :USD100 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Pada Februari 2003, Antwerp World Diamond Centre dibobol segerombolan perampok. Entah bagaimana caranya, para perampok berhasil merusak sejumlah akses dan masuk ke dalam penyimpanan berlian tersebut.

Para perampok berhasil membawa kabur berlian, emas, perhiasan, dan sejumlah batu permata bernilai USD100 juta. Hebatnya, hingga kini berlian-berlian tersebut tak pernah berhasil ditemukan Lokasi para perampok membawa lari berlian tersebut juga masih menjadi misteri hingga saat ini.

10. Perampokan Toko Berlian Harry Winston, Prancis (2008)
Kerugian : USD108 juta

 
Inilah Daftar Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

Perampokan misterius ini disebut sebagai salah satu perampokan paling berani di zaman modern. Aksi ini terjadi pada 4 Desember 2008 di toko perhiasan mewah Harry Winston, Paris. Perampokan tersebut dilakukan oleh empat tersangka, tiga di antara mereka menyamar sebagai wanita saat memasuki toko perhiasan tersebut.
Perampok berhasil membawa berlian dan perhiasan lainya senilai USD108 juta. Kepolisian Paris meyakini aksi perampokan nekad itu didalangi kelompok kriminal asal Serbia, Pink Panthers.