Kalau Kamu Punya Tiga Kepribadian Ini, Berarti Kamu Punya IQ Tinggi


Kesimpulan ini didapat dari hasil penelitian terhadap 201 mahasiswa di Inggris yang diberikan pertanyaan seputar kepribadian dan pengetahuan umum.

Menurut penelitian tersebut, seperti ditulis psikolog lulusan University College London, Dr Jeremy Dean, bahwa mereka yang punya kepribadian terbuka tergolong orang yang punya IQ tinggi.

Biasanya, orang-orang ini akan mudah tertarik dan mencoba hal-hal yang kompleks, baru, dan tidak biasa.


Selain itu, mereka yang emosinya stabil dan mampu mengatasi stres juga dianggap masuk sebagai orang yang cerdas. Soalnya, mereka dianggap mampu mengontrol hawa nafsunya.

Sedangkan satu kepribadian lain yang mengarah pada kecerdasan IQ adalah mereka dengan kepribadian introver.

Mereka dikenal sebagai orang yang senang berada dalam lingkungan yang sepi dan menenangkan, serta punya ‘kehidupan mental’ yang kaya. Sifat ini membuat mereka haus akan informasi apapun di dunia ini.

Berdasarkan dua teori kecerdasan yang dibuat oleh psikolog Raymond Cattel pada 1963, mereka yang punya tiga kepribadian ini masuk dalam golongan orang-orang yang punya “crystallised intelligence” atau kecerdasan terkristalisasi.

Kecerdasan ini jadi sesuatu yang penting seiring usia orang tersebut. Karena informasi dan keterampilan hidup yang mereka punya ini dipercayai bisa memprediksi kesuksesan mereka pada masa mendatang.

Dalam hal penelitian ini, para responden diberikan tes kepribadian dan pertanyaan seputar pengetahuan umum.

Pertanyaan yang diajukan di antaranya “siapa penulis buku “Anna Karenina?”, “Siapa yang menemukan penisilin?”, dan “siapa personel Beatles yang ditembak di New York?”

Selain kecerdasan terkristalisasi, satu jenis kecerdasan lainnya yang disebut Raymond adalah “fluid intelligence”. Ini mengacu pada kemampuan penalaran abstrak dan kecepatan otak bekerja.