Kecoak 'Challenge,' Tantangan Viral yang Menjijikan


Kecoak adalah salah satu binatang yang ditakuti banyak orang. Bukan hanya karena bentuk dan warnanya, tapi juga karena kebiasaan hidupnya yang lekat dengan kotoran, kuman, dan jorok.

Namun alih-alih jijik dengan kecoak, sebuah challenge atau tantangan terbaru justru melibatkan interaksi manusia hewan berwarna cokelat dan bersungut ini.

Sebuah tantangan yang dikenal dengan Cockroaches challenge atau tantangan kecoak. Tantangan ini mengharuskan Anda untuk meletakkan kecoak di wajah Anda. Tak sampai di situ, Anda juga harus selfie bareng si kecoak dan mengunggahnya di Facebook.

Awalnya, tantangan ini dibuat oleh pengguna Facebook asal Burma Alex Aung pada 20 April lalu. Dia menantang teman-teman di akun media sosialnya untuk melakukan hal yang sama.

Dalam fotonya, dia menggunggah wajahnya yang sedang tertawa riang dengan seekor kecoak yang merambati wajahnya.

"Tantangan baru, bisakah kamu melakukannya?" tulisnya.



Mengutip Asia One, tanpa disangka, unggahannya ini memulai sebuah tantangan viral di negaranya. Tantangannya ini dibagikan sebanyak 18 ribu kali dan nyaris 500 komentar yang ada di akunnya.

Tantangannya ini menuai banyak reaksi dari warganet. Ada yang merasa jijik dan aja juga yang justru menantang teman lainnya untuk melakukan itu.

Yang mengejutkan ada seorang perempuan yang tak cuma meletakkan kecoak di wajahnya, tapi bahkan sampai memasukkan kecoak ke dalam mulutnya.

Tantangan ini mungkin terlihat tak berbahaya. Tapi tanpa disadari, kecoak adalah salah satu hewan 'jorok' yang hidup di tempat kotor. Binatang ini dikenal menjadi pembawa jutaan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diare, keracunan, sampai alergi.

Namun jangankan untuk menempelkannya di wajah, mencium aroma kecoak dari jauh saja sudah membuat mual dan bau tak sedap.