Kurangi Pemanasan Global, Restoran Cepat Saji Ini Sediakan Menu Serangga


Konsumsi daging sapi secara berlebihan ternyata juga berdampak buruk bagi planet Bumi, dan makan serangga ternyata bukan pilihan yang buruk. Kelihatannya tetap enak!

Menu serangga disajikan oleh restoran cepat saji Abokado di London. Restoran ini bekerja sama dengan perusahaan rintisan (start-up) Eat Grub yang fokusnya pada pembuatan makanan yang terbuat dari serangga.

The Guardian melaporkan, di Abokado, konsumen bisa memesan menu serangga dengan topping saus manis atau saus jeruk. Kalau senang mencoba makanan-makanan unik, mereka juga bisa memakan serangga langsung tanpa tambahan apapun.


Abokado menjadi restoran cepat saji pertama di Inggris yang menyediakan menu serangga secara rutin. Sama seperti Eat Grub, restoran ini memang membangun citranya sebagai restoran yang ramah lingkungan.

Mulai beralihnya sejumlah orang dari mengonsumsi daging ke alternatif lain sedikit banyak karena fakta bahwa industri peternakan, terutama sapi, menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap pemanasan global.

Industri peternakan menghasilkan gas metana dalam jumlah besar dari kotoran sapi. Walaupun gas ini bisa menjadi bahan bakar, tapi hidrokarbon berwujud gas ini bisa merusak atmosfer. 



Selain itu, perluasan lahan peternakan juga akan mengurangi jumlah hutan. Peternakan juga membutuhkan air dalam jumlah yang sangat besar.

Untuk mengganti protein hewani dari daging sapi, maka muncullah alternatif untuk mengonsumsi serangga, yang memang juga kaya protein.

Menilik dari situs web Eat Grub, sajian makanan yang ditawarkan juga cukup beragam. Mulai dari camilan sampai menu berat macam pizza hingga tempura. Mereka bahkan juga dengan sukarela memberikan resepnya agar bisa dicoba di rumah. Kalau dari fotonya, makanannya terlihat sama menggiurkannya dengan menu daging sapi.

Inovasi kuliner yang dihasilkan Eat Grub pun dipuji. Kerja sama dengan restoran cepat saji pun jadi langkah yang jitu.

“Menyajikan inovasi makanan dengan cara yang menyenangkan dan membuat serangga jadi makanan yang lebih akrab dan mainstream bagi masyarakat adalah hal yang kita butuhkan,” ujar co-founder Eat Grub, Shamia Radia.