Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kesehatan


Lidah buaya sejak dahulu memang sudah dikenal memiliki sejuta manfaat. Tanaman ini biasanya berfungsi sebagai hiasan di pekarangan rumah, baik ditanam langsung di tanah maupun di pot. Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut, serta kesehatan juga sangat banyak.

Selain untuk pengobatan, lidah buaya sering digunakan oleh kaum wanita untuk perawatan kecantikan. Di antaranya adalah untuk menyuburkan rambut, menghilangkan jerawat dan masih banyak lagi. Kali ini bacaterus.com akan membahas berbagai macam manfaat lidah buaya, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan.


Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah
Seperti disinggung di atas, sangat banyak sekali manfaat lidah buaya untuk wajah dan kecantikan. Hampir semua permasalahan pada wajah bisa diselesaikan dengan lidah buaya ini. Berikut adalah beberapa masalah tersebut beserta ramuan untuk mengatasinya.

Pengobatan Jerawat
Manfaat lidah buaya untuk jerawat berasal dari sifat anti-inflamasi yang dikandungnya. Caranya pun mudah, cukup ambil gel lidah buaya, kemudian oleskan saja pada jerawat. Diamkan kurang lebih 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lidah buaya berfungsi untuk menyembuhkan bekas luka jerawat dan juga mengurangi kemerahan dari jerawat itu sendiri.

Menghilangkan Flek Hitam
Flek hitam ini kerap kali mengganggu penampilan. Flek hitam muncul karena bekas jerawat, paparan sinar matahari maupun dari kosmetik. Dengan lidah buaya flek hitam itu dapat diobati.

Caranya bersihkan wajah terlebih dahulu, ambil gel lidah buayanya, bersihkan dari lendirnya, kemudian aplikasikan saja pada wajah yang ada flek hitamnya. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas wajah hingga bersih. Lakukan minimal 2 kali sehari secara rutin agar hasilnya maksimal.

Masker Untuk Wajah Berminyak
Lidah buaya dapat digunakan sebagai masker untuk kulit berminyak. Ada berbagai macam masker yang dapat dibuat dengan olahan lidah buaya. Kali ini, kita akan membuat masker dengan menggunakan bahan lidah buaya dan madu.

Cara membuatnya, rebus lidah buaya, kemudian giling dan jadikan pasta. Kemudian tambahkan madu pada pasta lidah buaya yang tadi dibuat, aduk merata. Setelah itu aplikasikan pada wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bersihkan dengan air dingin dan lakukan cara ini secara rutin.

Masker Untuk Kulit Sensitif
Untuk membuat masker kulit sensitif, Anda membutuhkan bahan lidah buaya, jus mentimun, yoghurt, dan minyak mawar. Cara membuatnya, campurkan gel lidah buaya, jus mentimun dan juga yoghurt. Kemudian tambahkan beberapa tetes air mawar, atau bisa diganti dengan minyak esenss lain. Aplikasikan pada wajah lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin.

Masker Untuk Kulit Kering
Masker untuk kulit kering juga bisa dibuat dengan bahan lidah buaya, keju, kurma, mentimun, dan jus lemon. Untuk membuatnya, blender keju dan gel lidah buaya, tambahkan kurma, mentimun dan jus lemon. Aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan kurang lebih selama 30 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin, kemudian dilanjutkan dengan air hangat kuku, kemudian dengan air dingin kembali.

Scrub Untuk Sel Kulit Mati
Scrub untuk sel kulit mati dapat dibuat dengan bahan lidah buaya, mentimun, dan oatmeal. Cara membuatnya, blender mentimun dan gel lidah buaya sehingga membentuk pasta. Tambahkan oatmeal lalu aduk merata. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat perlahan dan lembut. Biarkan selama kurang lebih 10 menit kemudian cuci wajah hingga bersih.

Pembersih Makeup
Untuk membersihkan makeup cukup oleskan saja gel lidah buaya. Maka makeup pun akan bersih tanpa adanya iritasi.

Pelembab dan Pencerah Kulit
Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau jenis kulit apa pun tidak usaha khawatir untuk menggunakan lidah buaya sebagai pelembab kulit. Karena lidah buaya mengandung zat yang dapat melembabkan kulit secara alami.

Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buayanya saja, hancurkan dan oleskan pada wajah Anda sebelum Anda pergi tidur. Selain jerawat hilang, kulit menjadi lembut, bersinar dan keriput pun hilang.

Perawatan Bulu Mata
Anda suka memakai maskara? Berhati-hatilah karena maskara dapat menyebabkan bulu mata kering dan cepat rontok. Namun dengan menggunakan lidah buaya dapat membuat bulu mata Anda sehat dan lebat.

Caranya setiap akan tidur atau disela-sela waktu luang Anda, cuci bulu mata Anda, kemudian ambil gel lidah buaya, oleskan secara lembut dan perlahan ke bulu mata Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Penyubur Bulu Alis
Ingin memmiliki bulu Alis yang tebal? Gunakan gel lidah buaya setiap akan tidur, kemudian bersihkan keesokan paginya.
Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Rasanya sudah tidak asing lagi jika mendengar kaitan antara rambut dan lidah buaya. Sejak jaman dahulu, orang-orang sudah menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama untuk perawatan rambut. Lantas apa sajakah manfaatnya tersebut?

Mengobati Rambut Rontok
Untuk mengobati rambut rontok, Anda dapat mencampurkan ekstrak lidah buaya atau gel lidah buaya dengan shampo.

Kondisioner Alami
Lidah buaya juga berfungsi sebagai kondisioner alami karena memiliki efek dingin. Anda cukup mengoleskan jus lidah buaya ke rambut dan juga kulit kepala sambil memijat-mijat. Kemudian dibilas, dan bisa juga dibersihkan dengan shampo.

Mencegah Kebotakan
Untuk mencegah kebotakan dan merangsang rambut untuk tumbuh, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya atau jus lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga mampu menghilangkan uban. Caranya mirip dengan penggunaan untuk kondisioner. Diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, kemudian bilas dengan shampo.

Melawan Ketombe
Ketombe mengakibatkan kulit kering dan juga terasa gatal. Gunakan gel lidah buaya atau jus lidah buaya untuk melawan ketombe. Oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 40 – 60 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Melembabkan Rambut
Lidah buaya juga mampu melembabkan rambut. Gunakan jus ataupun gel lidah buaya untuk perawatan rambut Anda. Oleskan pada rambut, diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan shampo. Lakukan secara rutin agar rambut menjadi lembab maksimal. Rambut Anda pun menjadi mudah ditata.

Menghaluskan Rambut
Rambut yang kering membuat penampilan Anda terasa kurang menarik? Rambut kering diakibatkan karena rambut kekurangan vitamin. Manfaatkanlah lidah buaya untuk membuat rambut Anda menjadi halus dan tidak mudah kering. Pastikan gel lidah buaya mengenai kulit kepala secara menyeluruh.

Gel Untuk Bercukur
Untuk laki-laki yang suka mencukur jenggot maupun kumis, tidak usah repot-repot membeli krim pencukur. Gunakan saja lidah buaya karena aman dan nyaman. Cukup oleskan gel lidah buaya, kemudian Anda bisa langsung mencukur bulu. Dengan menggunakan lidah buaya, akan mencegah terjadinya iritasi. Selain itu gel lidah buaya akan membuat kulit tetap dingin dan tidak pedih.
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Selain berbagai macam manfaatnya untuk wajah dan rambut, lidah buaya juga memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Berbagai ramuan obat tradisional bisa diolah dari bahan lidah buaya ini. berikut adalah daftar khasiatnya untuk kesehatan:

Mengatasi Diabetes
Untuk mengobati diabetes, Anda cukup merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dan ditambah dengan 3 gelas air. Sisakan air rebusan hingga setengahnya. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

Mengobati Luka
Lidah buaya juga berfungsi untuk mengobati luka ringan seperti luka bakar, luka akibat paparan sinar matahari, mengurangi lebam karena memar, mengurangi rasa pedih karena lecet, dan juga mengurangi kerusakan sel. Selain itu, menggunakan gel lidah buaya akan mempercepat proses penyembuhan luka. Gel lidah buaya akan memberikan efek dingin dan mengurangi rasa pedih.

Mengobati Wasir
Untuk mengobati wasir, Anda dapat menyiapkan setengah batang lidah buaya dan dua sendok makan madu ditambah dengan setengah gelas air matang. Selanjutnya ambil bagian gelnya, parut hingga halus. Tambahkan madu dan air. Aduk hingga merata, kemudian saring. Minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari.

Melancarkan Pencernaan
Untuk melancarkan pencernaan, Anda dapat meminum jus lidah buaya. Karena jika pencernaan terganggu akan mengakibatkan atau timbul berbagai macam penyakit.

Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh
Lidah buaya pun dapat mengeluarkan racun-racun yang berada di dalam tubuh. Karena di dalam lidah buaya terdapat gelatin yang mampu meresap racun yang berada di dalam tubuh. Racun tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan kotoran. Sama halnya seperti rumput laut.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Lidah buaya memiliki banyak sekali vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi lidah buaya setiap harinya akan menambah kekebalan tubuh Anda.

Mengurangi Rasa Gatal di Kulit
Jika terkena gigitan nyamuk atau pun serangga akan menyebabkan rasa gatal di kulit. Rasa gatal tersebut membuat Anda sering kali menggaruknya. Jika Anda melakukannya secara berkelanjutan, bakteri akan tersebar. Untuk mengobati rasa gatal tersebut, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang dirasa gatal. Cukup lakukan sehari dua kali.

Membantu Sistem Reproduksi Wanita
Untuk wanita yang mengalami siklus menstruasi yang selalu menyakitkan, Anda dapat mengkonsumsi jus lidah buaya untuk membantu mengobatinya. Selain itu dengan mengkonsumsi jus lidah buaya dapat meremajakan reproduksi rahim Anda.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut, kecantikan, dan juga kesehatan. Sebetulnya masih banyak sekali manfaat dari lidah buaya ini. Jika ada yang ingin menambahkan manfaat lainnya dari lidah buaya ini, Anda dapat memasukkannya di kolom komentar.