Peugeot E-Legend, Inspirasi Klasik untuk Masa Depan


PEUGEOT bergabung dengan manufaktur lain dengan kreasi mobil listrik mereka, e-Legend. Meski masih berupa konsep, mobil masa depan canggih itu menampilkan desain yang terinspirasi retro.

Ada aura dari Peugeot 504 coupe, yang pernah didesain Pininfarina pada 1960-an silam. Peugeot e-Legend, ingin menawarkan kembali legenda coupe manufaktur dengan sajian yang jauh lebih modern dengan segala kecanggihan teknologi. Dengan bentuk coupe, Peugeot e-Legend berdimensi panjang 4.650 mm, lebar 1.930 mm, tinggi 1.370 mm, dan 2.690 mm untuk jarak antarporos rodanya. Mobil ini memang terlihat klasik.

Meski demikian, ada sentuhan modern dengan hadirnya beberapa layar di mobil, seperti layar sentuh 6 inci, layar besar 29 inci pada pintu dan 12 inci di sunvisor. Masih ada lagi, sebagai pusat hiburan, ada layar melengkung 49 inci yang bisa muncul dari das bor untuk menikmati beragam hiburan, seperti menonton video dan bermain video game.


Dijumlah, ada 16 layar yang bisa ditemui di kabin e-Legend. Menariknya, kemudi tidak menghalangi pandangan maupun aktivitas saat mengakses layar besar 49 inci. Karena saat memilih mode hiburan itu, kemudi terlipat dan masuk ke dalam dasbor. Dalam mode itu, kabin e- Legend jadi ruang dedikasi khusus hiburan dengan kursi yang bisa diatur fleksibel untuk kenyamanan.

Sistem audio juga sudah mendukung hiburan modern. Bekerja sama dengan Focal, e-Legend berusaha menawarkan pengalaman mendengarkan audio yang berbeda. Jadi, pengemudi bisa mendengarkan audio berbeda dengan penumpang.

Misal pengemudi sambil mendengar kan arahan navigasi dari sistem, penumpang lain tak bisa mendengar sehingga tidak terganggu. Ada juga fitur zoning yang memung kin kan masing-masing penumpang mendengarkan musik berbeda tanpa mengganggu penumpang lain. Jadi, seperti memakai earphone pribadi. Melengkapi titel sebagai mobil canggih masa depan, e-Legend punya mode berkendara autonomous. 


Ada dua mode yang ditawarkan. Pertama Soft yang lebih menawarkan kenyamanan serta minim kontak dengan layar digital. Kedua Sharp dengan aku rasi dan kedinamisan lebih tinggi, menawarkan koneksi antara pengemudi dengan layar dan fitur digital sehingga bisa meng akses media sosial, jadwal, dan sebagainya secara online.

Matthias Hossann, Head of Peugeot Concept Cars, mengatakan, e-Legend menawarkan pengalaman estetik dan teknologi yang kaya dalam bentuk coupe ringkas. Realisme dalam proporsi yang memberi Peugeot e-Legend Concept kekuatan dan memungkinkannya mewujudkan ambisi kita dengan banyak modernitas dan energi,” sebutnya.