Sepotong Pasir Berbentuk Bulan Sabit ini Jadi Surga Ajaib Bagi Sekawanan Kuda Liar


Terletak sekitar lebih dari 180 mil tenggara Halifax, Nova Scotia, pulau yang seluruhnya terdiri dari pasir dan berbentuk seperti bulan sabit tersebut adalah dataran rendah di tengah lautan. Karena profil rendah pulau dan penempatan terisolasi, gundukan pasir yang terlalu besar juga memiliki banyak bangkai kapal sehingga membuat pulau itu juga disebut sebagai “Makam Atlantik.”

Selain bangkai kapal, Pulau Sable yang sangat menarik adalah karena dikenal dengan populasi sekitar 400 kuda liar yang telah hidup di sana sejak nenek moyang mereka diperkenalkan pada abad ke-18. Selain Sable Island Ponies, anjing laut abu-abu berkembang biak di pantai pulau tanpa campur tangan manusia.

Meskipun ini adalah satu lokasi di mana wisatawan tidak berduyun-duyun ke tempat itu, banyak yang terpesona dengan deskripsi mitos pulau dan minat pada situs yang sedang berkembang. Untungnya pulau dan kudanya dilindungi oleh pemerintah Kanada sebagai taman nasional.


Saat ini, hanya sejumlah kecil ilmuwan yang tinggal di pulau itu untuk mempelajari lebih lanjut tentang flora dan fauna. Setiap calon pengunjung harus benar-benar mendapatkan izin dari militer Kanada.

Pulau ini memiliki campuran aneh dari dua kategori iklim, benua lembab, dan ujung lautan sub-kutub yang lebih ringan, karena pengaruh Gulf Stream, musim panas juga di bawah 75 derajat Fahrenheit. Seseorang dapat membandingkan iklimnya dengan lingkungan pesisir di negara yang mungkin seperti Denmark.

Pohon tidak benar-benar dapat tumbuh di tempat ini dan satu-satunya spesies kayu yang ditemukan di sini adalah mawar liar dan cranberry yang sangat gagah dan mungkin satu atau dua birch kerdil.



Sebagaimana ditulis Atlas Obscura pada awal abad ke-20, banyak pohon dibawa dari Ottawa untuk ditanam di tempat tersebut secara eksperimental. Hanya satu Scots Pine (asli dari Eropa utara dan alpine dan Siberia barat) yang bertahan dan tumbuh di stasiun penelitian sebagai jenis bonsai alami yang tampak menyedihkan, dikerdilkan oleh unsur-unsurnya.

Kolam air payau ada di bagian dalam pulau di mana laut sekitar satu mil jauhnya di kedua sisi, dan merupakan rumah bagi spesies spons yang unik. Meskipun suhu yang relatif ringan, pulau ini sering mengalami hujan salju separah di daratan yang jauh lebih dingin, karena kelembaban atmosfer yang tinggi dan curah hujan yang tinggi.