Tottenham Hotspur vs Liverpool: Rute ke Final


Tottenham Hotspur memastikan tiket ke final Liga Champions 2018/2019 seusai membungkam Ajax Amsterdam di leg kedua semifinal. Sempat kebobolan dua gol namun Spurs membalas tiga gol dan lolos berkat keunggulan gol tandang setelah agregat 3-3 di Johan Cruyff Arena, Rabu (8/5/2019) waktu lokal atau Kamis (9/5/2019) dini hari WIB. 

Lolosnya Spurs terbilang dramatis. Pada leg pertama, Pasukan Mauricio Pochettino dibungkam Ajax 0-1 di depan publik sendiri. Bahkan di leg kedua, Ajax unggul dua gol di babak pertama melalui Matthijs De Ligt menit kelima dan Hakim Ziyech (35). 

Namun, Spurs membals di babak kedua melalui hat-trick Lucas Moura menit ke-55, 59, dan 90+6.

Dalam perjalanan ke final, Spurs masuk dalam grup neraka bersama Barcelona, Inter Milan dan PSV Endhoven. Mereka finis kedua di bawah Barceloa dengan menelan dua kekelahan.

Namun, Spurs sukses di babak 16 besar dengan menyingkirkan Borussia Dotmund, lalu mengusir Manchester City di 8 besar, dan mengalahkan Ajax di semifinal.

Sementara Liverpool juga lolos ke final Liga Champions musim ini dengan cara dramatis. Kalah 0-3 di leg pertama di Camp Nou, Pasukan Juergen Klopp membasa empat gol tanpa balas di Anfield, Selasa (7/5/2019), tanpa diperkuat Mohamed Salah dan Roberto Firmino. 

Di fase grup Liverpool finis kedua setelah Paris Saint-Germain dengan menelan tiga kekalahan, memiliki poin sama dengan Napoli (9), dan unggul lima poin dari juru kuncu Red Star Belgrade.

Liverpool sukses di babak 16 besar dengan menyingkirkan Bayern Muenchen, lalu mengusir FC Porto di 8 besar, dan mengalahkan Barcelona di semifinal.

Partai final digelar di Stadion Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid, pada 1 Juni 2019. Ini pertama kali kedua tim bentrok di final Liga Champions.