Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Perjalanan ke Singapura


Sampai kapan pun, Singapura akan menjadi destinasi internasional favorit wisatawan Indonesia. Letak yang sangat dekat menjadikan harga tiket pesawat ke Singapura cukup murah. Bahkan lebih murah dari pada harga tiket untuk sejumlah rute domestik. Dalam jarak bertetangga sekalipun, Singapura mampu menawarkan sejuta pengalaman baru dari berbagai destinasi wisatanya.

Beberapa di antara kita pasti ada yang sama sekali belum pernah ke Singapura. Tak perlu sedih menanggapinya karena Anda bisa mulai merencanakan perjalanan dengan mudah bersama Traveloka. Sebelum memulai perjalanan perdana ke Singapura nanti, ketahui dulu beberapa hal penting berikut.

Sekilas tentang Singapura

Singapura merupakan negara tetangga yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya. Sama-sama berada dalam kawasan Asia Tenggara, Singapura memiliki sejumlah hal yang mirip dengan Indonesia. Meski demikian, negara ini terbilang jauh lebih modern dan terawat. Mayoritas penduduk di Singapura adalah etnis Tionghoa, disusul Melayu dan India.

Waktu terbaik ke Singapura

Iklim Singapura mirip dengan Indonesia. Karenanya, puncak musim hujan terjadi di waktu yang kurang lebih bersamaan, yakni sepanjang November hingga Januari. Anda bisa menghindari bulan tersebut jika ingin menikmati wisata di alam terbuka.

Sebaliknya, datanglah pada musim kering atau kemarau yang umumnya berpuncak di bulan Juni hingga Agustus. Bila Anda menyukai kemeriahan festival, bisa datang ke Singapura pada bulan Juli yang menjadi waktu perhelatan sejumlah festival budaya, kuliner, bahkan belanja.

Beli tiket pesawat murah di Traveloka

Saat ini tiket pesawat ke Singapura sudah bisa dibeli dengan mudah melalui jaringa nonline. Salah satutempat membeli tiket online murah ke Singapura adalah Traveloka. Agen perjalanan online asli Indonesia ini memberikan jaminan harga terbaik serta rajin mengadakan promo istimewa yang bisa membuat harga penerbangan ke Singapura menjadi sangat bersahabat.

Selain murah, Traveloka juga menjanjikan pengalaman menyenangkan dalam merencanakan penerbangan ke Singapura. Anda bisa membeli tiket pesawat tersebut melalui Traveloka App di ponsel sendiri. Manfaatkan pula fitur canggih yang ada agar proses pembelian tiket menjadi jauh lebih praktis lagi.

Siapkan paket data untuk kelancaran komunikasi

Andasebaiknya membekali diri dengan paket data demi kelancaran komunikasi. Beli paket data roaming sesuai operator nomor ponsel Anda saat ini agar tidak perlu repot berganti kartu. Dengan paket data roaming, Anda tak hanya bisa terhubung ke internet, tetapi juga sekaligus tetap bisa menelepon dan mengirim SMS. Paket data roaming kini sudah tersedia juga di Traveloka. Anda tinggal pilih paket yang diinginkan, semua ditawarkan dengan tarif murah.

Tempat menukar dolar Singapura

Mata uang yang berlaku di Singapura adalah Dolar Singapura. Berdasarkan pengalaman wisatawan yang sudah sering ke Negeri Singa, sebaiknya Anda menukar uang saat tiba di Singapura. Sebab, nilai tukarnya lebih baik dibandingkan di Indonesia. Cara paling praktis adalah menukar uang di Bandara Changi setelah Anda turun dari pesawat.Namun, bila Anda mencari tempat yang menawarkan nilai tukar paling bagus, rekomendasi teratasnya adalah Mustafa Foreign Exchange di Mustafa Centre, Little India.

Siapkan asuransi perjalanan

Singapura memang terkenal memiliki fasilitas kesehatan yang bagus.Kualitastentunyasejalandenganharga. Karenanya, penting bagi Anda untuk mendapatkan asuransi perjalanan sebelum ke Singapura agar perlindungan kesehatan tetap jelas dan terjamin selama jalan-jalan nanti.

Menggunakan transportasi publik

Singapura bisa dikatakan sebagai negara di Asia Tenggara dengan sistem transportasi publik paling berkualitas. Gunakan MRT untuk berkeliling kota dengan cepat dan murah. Pilihan lainnya adalah bus kota dengan tempat naik dan turun yang lebih fleksibel. Bagi Anda yang tidak bermasalah dengan bujet dan ingin lebih leluasa berkeliling, maka pilihlah Taksi. Ingin yang lebih murah dari taksi, namun sama fleksibelnya? Pesanlah Grab atau Gojek.

Manfaatkan Singapore Tourist Pass

Untuk memudahkan Anda berkeliling naik MRT dan bus selama di Singapura, belilah Singapura Tourist Pass (STP) dari sejumlah Kantor Tiket TransitLink di beberapa Stasiun MRT. Dengan kartu ini, Anda bisa berkelilingkota sekali bayar. Pilihan paket STP saat ini adalah $10/hari, $16/2 hari, dan $20/3 hari.

Tempat belanja murah

Singapura adalah surga belanja. Negeri ini menyediakan sejumlah tempat belanja menarik yang bisa Anda kunjungi setiap waktu. Bila Anda bermaksud untuk menggila belanja tanpa menguras tabungan, datanglah kekawasan Little India, Mustafa Center, dan Chinatown yang terkenal sebagai destinasi termurah.

Tempat makan murah
Untuk urusan mengisi perut dan memanjakan lidah, Singapura tak hanya menawarkan sederetan restoran kelas dunia di Marina Bay atau di Pulau Sentosa. Tempat-tempat seperti Lau Pa Sat dan Chinatown selalu siap menghidangkan aneka makanan rakyat dengan harga bersahabat.

Tempat menginap murah
Saat pertama kali keSingapura, menginaplah di penginapan terbaik yang menawarkan kenyamanan total. Anda bisa menemukan pilihan murahnya di kawasan Little India, Geylang, dan Chinatown. Kawasan tersebut adalah favorit wisatawan ransel karena banyak menawarkan penginapan ekonomis berkonsep unik.

Destinasi wajib
Sesampainya di Singapura, pastikan Anda tidak melewatkan hari tanpa mengunjungi sejumlah destinasi wajib berikut:

1. Merlion Park: temukan Patung Merlion yang menjadi ikon Singapura di sini. Berdiri di tepi laut, patung setinggi 8,6 meter tersebut wajib Anda ajak berfoto sebagai bukti sudah pernah ke Singapura.

2. Gardens by the Bay: temukan kesegaran sempurna di tengah taman konservasi flora seluas 101 hektar. Di tempat ini, Anda akan terpukau melihat koleksi tanaman dari berbagai belahan dunia. Apalagi ketika melihat Super trees dan Cloud Forest, serta menonton pertunjukan pohon menyanyi di Garden Rhapsody.

3. Marina Bay Sands: temukan rekreasi lengkap dalam kawasan resor terpadu paling populer di Singapura. Naiklah ke Sands Sky Park untuk memandangi Teluk Singapura seluas-luasnya dari dek observasi di lantai 57. Jumpai keunikan paduan seni dan ilmu pengetahuan di Art Science Museum. Jika punya bujet lebih, jangan lewatkan kesempatan bersantap romantis di Singapore Flyer.