7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

PARA bos perusahaan raksasa dunia mendominasi daftar orang terkaya di Bumi pada ini. Mereka dari kalangan pemimpin e-comerce, pendiri dan pemilik media sosial hingga bos media. Namun, sebagian dari mereka bukan politisi, pemimpin atau pun petinggi sebuah negara.

Dalam rangka ulang tahun ke-7, daftar tujuh pemimpin terkaya di dunia dan yang berkuasa pada saat ini. Statisik yang disuguhkan di sini dalam hal kekayaan bersih yang berasal dari data Forbes.

Berikut tujuh pemimpin terkaya di dunia yang berkuasa pada tahun 2019;


1. Vladimir Vladimorvich Putin
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

Posisi: Presiden Federasi Rusia

Kekayaan Bersih: USD 70 Miliar (Rp990,8 Triliun)


Putin lahir di Uni Soviet. Dia awalnya adalah perwira intelijen KGB Uni Soviet sebelum negara besar itu runtuh dan terpecah-pecah tahun 1990-an. Setelah Soviet menjadi negara bernama Federasi Rusia, bekas perwira intelijen itu terjun ke panggung politik.

Putin saat ini menjalani masa jabatan keduanya sebagai Presiden Rusia. Selama bertahun-tahun Putin mendapatkan reputasi yang sangat kontroversial, terutama terkait aneksasi Crimea setelah wilayah itu melepaskan diri dari Ukraina pada 2014. Dia kerap masuk daftar salah satu pemimpin berpengaruh di dunia.

Menurut data Forbes, kekayaan bersih Putin pada 2019 sekitar USD 70 miliar dan menjadikannya pemimpin terkaya di dunia.

Ada juga laporan lain yang menyebut kekayaan Putin mencapai USD 206,3 miliar. Gaji resminya dari 2011 hingga 2016 berjumlah USD673.000.

Mantan CEO Hermitage Capital Management Bill Browder pernah mengungkapkan perkiraan kekayaan Putin bawah sumpah kepada Komite Kehakiman Senat AS pada 2017. Kala itu dia menyatakan kekayaan presiden Ferederasi Rusia mencapai sekitar USD200 miliar. Kekayaan itu diduga disimpan di bank dan investasi di Barat.

2. Maha Vajiralongkorn
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

Posisi: Raja Kerajaan Thailand

Kekayaan Bersih: USD 30 Miliar (Rp424,6 Triliun)


Maha Vajiralongkorn sebelumnya berstatus sebagai Putra Mahkota Thailand, sebelum akhirnya dinobatkan sebagai raja baru-baru ini untuk menggantikan ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej yang sudah meninggal.

Maha Vajiralongkorn lulus dari Royal Military College. Di kampus militer itu, dia dilatih angkatan bersenjata Inggris, Australia, dan Amerika Serikat. Kekayaannya itu menjadikannya sebagai pemimpin terkaya kedua di dunia yang berkuasa saat ini.

3. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

Posisi: Wakil Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA)

Kekayaan Bersih: USD30 Miliar (Rp424,6 Triliun)

Shaikh Mansour bin Zayed Al Nahyan adalah politisi dan pengusaha UEA yang lahir di Amerika Trucial pada November 1970. Selain menjabat sebagai wakil perdana menteri Uni Emirat Arab, dia juga merupakan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi dan saudara tiri Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, presiden UEA dan penguasa Abu Dhabi.

Pada 2019, kekayaan bersih Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan adalah sekitar USD30 miliar, sama dengan perkiraan kekayaan raja Thailand. Namun, Forbes menempatkannya di urutan ketiga pemimpin terkaya yang berkuasa tahun 2019.

4. Hassanal Bolkiah
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

Posisi: Sultan Kerajaan Brunei Darussalam

Kekayaan Bersih: USD20 Miliar (Rp283 Triliun)


Sultan Brunei juga dikenal sebagai Hassanai Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah. Ia memiliki banyak gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas, termasuk Universitas Nasional Singapura, dan Universitas Oxford, Inggris.

Pada 2019, kekayaan bersih Sultan Brunei diperkirakan sekitar USD20 miliar dan menempatkannya di posisi keempat pemimpin terkaya yang berkuasa 2019.

5. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

Posisi: Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dan penguasa Abu Dhabi

Kekayaan Bersih: USD18 Miliar (Rp254,7 Triliun)


Setelah kematian ayahnya, ia berhasil menduduki posisi Emir Abu Dhabi dan menjadi Presiden UEA.

Kekayaan bersih Shaikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan kira-kira USD18 miliar dan menjadikannya sebagai pemimpin terkaya kelima yang berkuasa tahun ini.

6. Shaikh Mohammed bin Rashid al Maktoum
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini
Posisi: Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA) dan penguasa Dubai

Kekayaan Bersih: USD14 Miliar (Rp198,1 Triliun)


Selain menjadi perdana menteri UEA, Shaikh Mohammed bin Rashid al Maktoum adalah pemilik 99,67 persen dari Dubai Holding dan orang yang bertanggung jawab atas pulau palm buatan manusia yang benar-benar keren di Teluk Persia.

Kekayaan seitar USD14 miliar menjadikannya sebagai pemimpin terkaya keenam yang berkuasa di dunia saat ini.

7. Mohammed bin Salman
7 Pemimpin Terkaya Dunia yang Berkuasa saat Ini

Posisi: Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi
Kekayaan Bersih: USD10 Miliar (Rp141,5 Triliun)


Mohammed bin Salman atau dikenal sebagai MBS adalah putra Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Dia lahir di Riyadh tahun 1980-an. Selain menjadi putra mahkota, MBS juga menjabat sebagai menteri pertahanan. Media-media Barat kerap menyebutnya sebagai pemimpin de facto Arab Saudi.

Pada 2019, kekayaan bersih Mohammed bin Salman adalah sekitar USD10 miliar dan menjadikannya sebagai pemimpin terkaya ketujuh yang berkuasa saat ini.

Di bawah tujuh pemimpin terkaya di dunia itu ada juga pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai USD5 miliar (Rp70 triliun) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump yang kekayaan bersihnya sekitar USD3,1 miliar (Rp43,8 triliun).

Keterangan: Angka kekayaan berdasarkan kurs pada Senin, 24 Juni 2019, yakni 1 dolar AS sama dengan Rp14.154.