Pakar Bagi Tips Cara Membersihkan Penis yang Benar


Supaya tidak terjadi kesalahan membersihkan penis, pria perlu mengetahui langkah tepat cara membersihkannya. Hal ini berlaku saat membersihkan penis, baik setelah beraktivitas sehari-hari maupun bercinta.

Ahli urologi dan spesialis pengobatan seksual pria di New York Presbyterian/Weill Cornell Medical Center, Darius Paduch memaparkan, bahwa kebersihan penis perlu dijaga.

"Pangkal paha bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri jahat. Area tersebut termasuk gelap dan lembab sehingga bisa menyebabkan bau busuk layaknya bau ketiak Anda," jelas Paduch, sesuai dikutip dari BuzzFeed, Kamis (13/6/2019).

"Penis pun berada sangat dekat dengan pangkal paha dan semua bakteri itu."

Anda mungkin ingin menjaga penis tetap bersih. Jadi, setiap hari gunakan air hangat untuk membersihkan penis, selangkangan, dan testis.

Jika Anda mencium bau tak sedap di area sana atau merasa perlu lebih segar, maka Anda harus menyabuni. Pastikan ada busa sabun di tangan untuk membersihkan penis.

Hindari berlebihan menggunakan sabun. Ini karena kulit penis lembut yang lembut. Anda. Ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan penis.

Jangan Gunakan Banyak Sabun

Kebanyakan sabun akan mengiritasi penis karena sabun mengandung banyak bahan kimia. Sebaiknya, gunakan sabun dengan pelembap dengan bahan kimia sesedikit mungkin.

"Yang pasti Anda tidak benar-benar membutuhkan sabun formula antibakteri," kata Paduch.

"Cukup pakai sabun biasa saja."

Di sisi lain, lesi (luka) pada penis, yang dapat terjadi karena reaksi berlebihan terhadap sabun yang keras dapat merusak pelindung kulit penis dan memudahkan bakteri, virus, dan penyakit menular seksual masuk.

"Setiap infeksi dan peradangan kulit juga kebersihan penis yang buruk dapat meningkatkan risiko penularan HIV," ujar Paduch.