Portugal vs Belanda: Siapa Layak Ukir Sejarah?


Portugal dan Belanda akan bersaing menjadi yang terbaik untuk memenangkan trofi perdana UEFA Nations League alias Liga Bangsa-Bangsa UEFA. Kedua tim sama-sama punya modal memenangkan pertandingan.

Laga final itu akan berlangsung di Estadio do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) dini hari waktu Indonesia. Namun, sebelum kick-off pertandingan, turnamen yang baru digagas UEFA akan menggelar laga perebutan tempat ketiga antara Inggris kontra Swiss.

Portugal sendiri lolos ke final setelah mengalahkan Timnas Swiss dengan skor 3-1. Semua gol Portugal diborong Cristiano Ronaldo yang sukses mencetak comeback gemilang setelah 11 bulan absen.

Sedangkan Belanda lolos setelah mengalahkan Inggris dengan skor sama, 3-1. Namun, Belanda bermain lebih kolektif dengan beberapa bintang menonjol seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, dan Quincy Promes.

Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, mengatakan timnya bisa memenangkan pertandingan apabila sukses meredam kemampuan Ronaldo di lapangan. Premis sederhana itu akan dibuktikan oleh dua bek tengah yang paling disorot di dunia saat ini; Virgil van Dijk dan De Ligt.

"Kami harus mengendalikan bola sepanjang waktu saat menghadapi Portugal, jika kami bisa melakukan itu Cristiano Ronaldo tentu tidak bisa melukai kami," kata Koeman dikutip laman resmi UEFA. 


Prakiraan Susunan Pemain

Portugal (4-4-2):
Rui Patricio, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro, Nelson Semedo, Ruben Neves, William Carvalho, Brune Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Cristiano Ronaldo

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen, Daley Blind, Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt; Georginio Wijnaldum, Marten de Roon, Frenkie de Jong; Ryan Babel, Memphis Depay, Steven Bergwijn