Resmi Facebook, WhatsApp dan Instagram Ikutan Blokir Huawei


Huawei lagi-lagi dijegal oleh perusahaan asal Amerika Serikat. Kali ini Facebook, WhatsApp dan Instagram baru saja menyetakan mereka tidak akan lagi mengizinkan pra-instal aplikasi pada ponsel Huawei.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (8/6/2019) Pelanggan yang sudah memiliki ponsel Huawei masih akan dapat menggunakan aplikasi dan menerima pembaruan. Namun, ponsel Huawei yang baru tidak akan lagi dapat memiliki aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram yang sudah diinstal sebelumnya.

Produsen ponsel sering menjadikan pra-instal aplikasi populer seperti Facebook sebagai nilai jual. Langkah Facebook ini dinilai mengurangi porspek penjualan Huawei. Pasalnya binis smartphone Huawei menjadi penghasil pendapatan terbesar tahun lalu, yang didukung dengan pertumbuhan kuat di Eropa dan Asia.


Facebok CS bukan menjadi perusahaan pertama yang memutus hubungan dengan Huawei. Sebelumnya ada Google yang mengatakan bahwa mereka tidak akan lagi menyediakan pembaruan perangkat lunak Android untuk ponsel Huawei.

Huawei mengatakan pihaknya siap untuk tindakan AS dan berjanji untuk mengatasi jegalan apapun.

Kendati demikian, beberapa pelanggan di Eropa dan Asia mengatakan bahwa mereka enggan membeli ponsel Huawei karena ketidakpastian yang ada saat ini, dan analis memperkirakan penurunan drastis akan terjaid dalam penjualan smartphone Huawei.