Xiaomi dan Tencent Turun Tangan Bantu Huawei Bangun OS Baru


Langkah Huawei untuk membuat sistem operasinya (OS) sendiri tampaknya sudah semakin matang. Setelah Oppo dan vivo yang juga ikut mendukung pengembangan sistem operasi, kini giliran Tencent dan Xiaomi juga mendukung uji coba dan pengembangan OS besutan Huawei yang dijuluki OS Hongmeng atau Ark.

"Huawei melaporkan secara ekstensif menguji sistem operasi HongMeng dengan raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik (China). Sistem baru akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan," kata Huawei seperti dilansir laman Global Times.

Tampaknya ini akan menjadi upaya perusahaan teknologi China untuk melawan dominasi AS yang mulai melarang beberapa perusahaan China. Kebijakan Presiden Trump dinilai bisa mengancam kelangsungan hidup perusahaan teknologi China, bukan hanya Huawei.


Larangan AS bisa menjadi ancaman China untuk memecah ekosistem ponsel pintar global untuk memberikan alternatif bagi perangkat lunak dan layanan Android lengkap Google. Jika Huawei dan pemerintah dapat memobilisasi pemain China terkemuka lainnya, menurut teorinya, ini akan lebih dari sekadar upaya satu perusahaan untuk tetap berada dalam daftar hitam.

Raksasa teknologi Tencent, serta pembuat ponsel pintar Xiaomi, Oppo dan Vivo, secara aktif bekerja sama dengan Huawei mendorong perilisan OS HongMeng. Kebersamaan para raksasa China itu juga dianggap sebagai pukulan besar terhadap tindakan keras Presiden Donald Trump.

Ada laporan bahwa OS baru akan diluncurkan pada peluncuran Huawei Mate 30 yang diantisipasi oleh Huawei pada musim gugur mendatang.