Oppo Ajukan Paten Smartwatch dengan Layar Bisa Dilipat


Industri telah melihat beberapa upaya oleh OEM untuk membuat perangkat dengan tampilan yang fleksibel. Ponsel cerdas atau jam tangan pintar dengan layar fleksibel telah dikembangkan belakangan ini.

Pabrikan populer seperti Huawei dan Samsung memiliki ponsel pintar yang dapat dilipat, meskipun sampai sekarang belum berhasil menembus pasar. Sedangkan pabrikan China yang kurang populer, Royole, masih merupakan satu-satunya pabrikan dengan smartphone yang dapat dilipat di pasaran (Royole Flexpai). 


Oppo Ajukan Paten Smartwatch dengan Layar Bisa Dilipat

Laman Giz China, meyebutkan, Lenovo dan Samsung masing-masing memiliki jam tangan pintar dan telepon pintar yang layarnya melingkari pergelangan tangan. Perangkat tengah dalam pengerjaan para insinyur masing-masing pabrikan.

Sekarang, giliran Oppo yang unjuk kekuatan. Mereka baru saja mengajukan paten yang menunjukkan perusahaan tengah bekerja pada jam tangan pintar yang dapat dilipat. Oppo smartwatch yang dapat dilipat baru-baru ini masuk ke web, tetapi sudah tersedia sejak tahun lalu.
Oppo Ajukan Paten Smartwatch dengan Layar Bisa Dilipat

Menurut laporan itu, Guangdong Oppo Mobile Telecommunications mengajukan paten kepada WIPO (World Intellectual Property Office). Paten dilengkapi dengan judul device perangkat elektronik yang dapat dipakai dan diterbitkan pada September 2018. Paten ini menggambarkan jam tangan pintar dengan layar yang fleksibel.

Berdasarkan gambar hasil rekayasa komputer tim LetsGoDigital, laman Giz China menyebutkan, Oppo smartwatch yang dipatenkan terebut memiliki tali jam biasa dan layar berbentuk persegi panjang. Fitur khusus dari jam tangan pintar ini adalah modul tampilan dapat dilipat. Ini berarti pengguna dapat memilih untuk memperluas area tampilan. Saat pengguna memperluas tampilan jam tangan yang dapat dilipat, perangkat menawarkan efek visual ponsel.

Menurut paten, Oppo memiliki tiga bentuk paten jam tangan pintar. Ini termasuk layar fleksibel tiga kali lipat, layar fleksibel berkerut, dan layar lipat slide gambar tiga segmen. Ketiga skema dapat mencapai peningkatan area tampilan hingga 200%.

Sebelumnya, Shen Yiren, Wakil Presiden Oppo pernah berkata di Weibo bahwa Oppo saat ini sedang mengembangkan jam tangan pintar. Namun, dia tidak menyebutkan jenis jam tangan yang tepat.