Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?


Pertempuran smartphone di kelas menengah kian kompetitif dengan hadirnya beragam model terbaru dari banyak pabrikan. Mulai realme hingga Samsung, masing-masing baru saja meluncurkan produk jagoannya ke segmen ini.

Bicara soal realme, vendor smartphone asal China itu sudah menyiapkan realme X yang diklaim dapat menjadi jagoan terbaru di kelas menengah. Di segmen yang sama, realme X akan berhadapan dengan Samsung Galaxy A50 yang sudah hadir sejak Maret lalu.

Untuk membandingkan keduanya, kami melakukan pengujian terhadap realme X dan Samsung Galaxy A50. Seperti apa perbandingan spesifikasinya?


Tampang Smartphone


Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?

Realme mencoba bermain kreatif dari segi desain. Berbeda dengan realme 3 Pro yang menggunakan layar tanpa notch atau takik dengan rasio 19,5:9 sehingga membuat tampilan konten menjadi lebih baik. Hal itu terbukti dengan baiknya tampilan video YouTube saat ditampilkan di layar.

Untuk urusan display, realme X menggunakan layar premium berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,53 inci. Seperti yang kita ketahui, layar Super AMOLED memiliki beberapa keunggulan seperti bisa digunakan di siang hari dan resolusinya lebih jernih.

Layarnya juga tampak lebih lapang karena kamera depannya tersembunyi di dalam bodi smartphone. Dengan konsep kamera pop-up, realme X terasa lebih elegan. Dengan motor pendorong canggih, kamera depannya dapat terangkat hanya dalam waktu 0,74 detik.

Warna gradasi juga kembali diterapkan realme di bodi realme X. Terdapat dua warna cantik yang disediakan, yakni Polar White dan Space Blue. Kedua warna menampilkan cahaya reflektif saat terkena pantulan cahaya.

Sementara dari segi dimensi, realme X memang terasa cukup lebar. Mengusung panjang 161,3 mm dan lebar 76,1 mm, unit terasa pas saat digenggam. Untuk beratnya sendiri, ponsel ini memiliki bobot yang cukup ringan yakni sekitar 191 gram.

Beralih ke Samsung Galaxy A50. Secara kasat mata, Samsung Galaxy A50 memiliki desain yang mainstream. Layarnya masih menggunakan dewdrop yang berukuran 6,4 inci. Layarnya sudah menggunakan panel Super AMOLED yang membuatnya memiliki tampilan baik.
Bodi belakang Samsung Galaxy A50 menggunakan material plastik dengan finishing yang tampak mengkilap. Sayangnya, Samsung tidak menyematkan warna gradasi pada bodi handphone kebanggaannya itu.


Performa Handphone
Berbicara soal dapur pacunya, kedua smartphone menggunakan chipset terbaik di kelasnya. Realme X diotaki oleh Qualcomm Snapdragon 710 yang dibekali oleh delapan inti Kryo dan dapat berlari dengan kecepatan 2,2 GHz. Chipset itu pun dilengkapi oleh GPU Adreno 616.
Realme X juga unggul karena dibekali oleh RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Kombinasi ini menjamin pengalaman multitasking tanpa jeda. Saat dicoba dengan game PUBG Mobile, realme X menawarkan pengalaman gaming nan mulus.

Nah untuk Samsung Galaxy A50, sudah disokong oleh Exynos 9610. Chipset ini diproduksi dengan teknologi fabrikasi 10nm dan dapat dipacu hingga clock speed 2,3 GHz. Ponsel dibekali RAM 4 GB dan 6 GB.

Untuk memperlihatkan unit mana yang memiliki performa lebih baik di antara keduanya, SINDOnews menggunakan situs tolak ukur (benchmark) AnTuTu. Saat diuji realme X mendapatkan skor 155.907, sedangkan Samsung Galaxy A50 meraih skor 135.890.


Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?
Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?


Dapur Fotografi

Jika kita membahas fotografi, keduanya memiliki kekuatan masing-masing. Untuk perangkat pertama, yakni realme X, kemampuan kameranya sudah jauh lebih baik dibandingkan realme 3 Pro. 

Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?

Realme X menggunakan konfigurasi kamera ganda di belakang (48 MP + 5 MP). Sedangkan di bagian depan sudah disematkan kamera 16 MP. Hebatnya realme X sudah didukung oleh sensor Sony IMX586.

Bicara hasil foto yang dihasilkan, kamera belakang realme X tidak memiliki masalah saat bekerja di kondisi cukup cahaya. Foto yang dihasilkan tampak jelas dan warnanya terlihat natural. Jika diperbesar, foto yang ditangkap masih dapat terlihat dengan jelas.


Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?

Lalu bagaimana dengan fotonya di malam hari? Perlu diketahui bahwa realme X diperkuat oleh fitur Nightscape yang dapat memaksimalkan foto di malam hari. Saat dicoba, hasil foto malam hari realme X terbilang cukup baik.

Beralih ke Samsung Galaxy A50 yang secara unik menyematkan triple camera di bagian belakang. Kamera belakangnya terdiri dari, lensa utama 25 MP, lensa wide 8 MP, dan lensa efek bokeh 5 MP. Lalu untuk kamera depannya ditempatkan lensa 25 MP.


Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?

Bicara soal kemampuan kamera belakang Samsung Galaxy A50, hasil foto outdoor-nya cukup baik. Foto yang dihasilkan tampak memiliki warna yang tajam walau tidak bisa disebut istimewa. Nah keunggulan kamera dari A50 adalah lensa ultra-wide yang membuat cakupan kamera menjadi luas. Namun untuk hasil foto malam hari, masih tampak sedikit noise di hasil. 


Realme X vs Samsung Galaxy A50, Siapa Lebih Menarik?


Fitur FingerprintKedua ponsel ini sudah mengadopsi teknologi in-display fingerprint. Yang berarti, sensor pemindai sidik jarinya berada di bawah layar. 


Khusus realme X, teknologi yang digunakan terbilang canggih. Ponsel tersebut menggunakan sensor Goodix terbaru yang dapat memberikan ukuran unit piksel lebih besar.

Saat kami melakukan uji coba terhadap sensor sidik jari di realme X, hasil yang didapatkan terbilang cepat. Tak sampai sedetik, jari Anda sudah dapat dikenali oleh sensor di realme X.

Sementara di Samsung Galaxy A50, sensor sidik jarinya bisa dibilang tidak berjalan secara maksimal. Proses pemindaian terbilang lama dan pengguna harus menempatkan jarinya secara sempurna untuk membuka akses.

Baterai
Perlu diakui, baterai realme X memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan realme 3 Pro. Kendati demikian, kualitas baterai realme X tidak dapat dianggap enteng. Baterai realme X memiliki besaran 3.765 mAh yang sudah diperkuat oleh berbagai macam teknologi pengisian daya cepat.

Dibekali oleh VOOC Flash Charge 3.0, realme X dapat mengisi daya secara cepat. Dalam posisi 10%, realme X dapat terisi penuh dalam kurun waktu sekitar 80 menit. Sementara dari segi daya tahan, realme X dapat bertahan seharian jika digunakan dalam kondisi normal.

Beralih ke Samsung Galaxy A50 yang menggunakan baterai lebih besar. Ponsel ini menggunakan baterai 4.000 mAh dan sudah dilengkapi fitus pengisian cepat. Sesuai dengan kapasitas baterainya, Samsung Galaxy A50 dapat bertahan sehari lebih sedikit dalam pemakaian normal. Sayangnya untuk fitur pengisian cepatnya tidak lebih baik dari VOOC Flash Charge 3.0.

Dengan perbandingan spesifikasinya, realme X menjadi handset yang lebih unggul. Dukungan VOOC Flash Charge 3.0 dan sensor sidik jari yang lebih cepat, membuat realme X berada di posisi teratas dalam segmen smartphone kelas menengah.
Bagaimana menurut Anda?