Ronaldinho Bikin Pesan Menyentuh untuk Keluarga, Ada Apa?


Legenda sepak bola dunia, Ronaldinho, pada bulan Januari 2018 pensiun dari sepak bola. Pria 39 tahun itu belakangan bicara soal sumbangan besar keluarga selama ia menekuni kariernya di lapangan hijau.

Ronaldinho dianggap sebagai salah satu pesepak bola paling cemerlang setelah memenangkan Piala Dunia 2002 bersama tim nasional Brasil. Di level klub, ia juga turut merasakan trofi Liga Champions bersama Barcelona.

Permainan atraktif dengan skill luar biasa turut membawanya memenangkan dua trofi Ballon d'Or secara beruntun, pada tahun 2004 dan 2005. Ia pun menyebut bahwa semua pencapaian itu tak lepas dari peran keluarga.


"Ayah dan keluarga saya adalah pihak paling berjasa dalam karier. Saya juga mengucapkan 'terima kasih ibu' karena menjadi inspirasi untuk banyak kemenangan," kata Ronaldinho yang sekarang jadi duta klub Barcelona dalam sebuah acara amal di Rio de Janeiro dikutip Tribuna, Senin (29/7/2019).

Ronaldinho adalah nama panggilan dan panggilan sayang dari nama depannya "Ronaldo." Sebelum bermain di Eropa, orang-orang Brasil memanggilnya "Ronaldo Gaúcho", untuk membedakannya dengan Ronaldo, rekannya di timnas Brasil.


Setelah Ronaldo hijrah ke Eropa, ia tidak lagi menggunakan nama "Gaúcho" namun memilih nama Ronaldinho yang lebih dikenal hingga kini.