Starship Roket Terkuat SpaceX Meluncur Perdana 2021


Sukses meluncurkan roket terkuat sejagat, Falcon Heavy, pada Februari 2018 lalu, kini perusahaan penerbangan antariksa milik Elon Musk tengah bersiap meluncurkan wahana yang tak kalah kuat yang dijuluki Starship.

Starship sendiri disebut akan diluncurkan pada 2021 mendatang. Hal tersebut diungkap oleh Vice President of Commercial Sales SpaceX Jonathan Hofeller, sebagaimana dilansir dari TechCrunch, Senin (1/7/2019).

Saat ini, kata Hofeller, pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan tiga perusahaan telekomunikasi dalam menentukan misi perama dari Starship.


Starship, yang sebelumnya dikenal sebagai BFR atau Big Falcon Rocket, saat ini sedang dalam pengembangan yang dilakukan di dua fasilitas SpaceX yang terpisah yakni di Texas dan Florida, Amerika Serikat.

Jika sudah selesai pengerjaannya, roket ni akan menjadi roket terkuat sejagat yang diklaim akan mengalahkan Falcon Heacy.

Dirincikan oleh Hofeller, roket ini mampu mengantarkan sebanyak 20 ton muatan ke orbit geostasioner Bumi. Sedangkan jika tujuannya orbit rendah BUmi, roket ini mampu mengangkut muatan seberat lebih dari 100 ton.


Selain menjalankan misi kargo, Starship juga akan digunakan SpaceX dalam explorasi luar angkasa. Wahana ini diproyeksikan akan pergi ke Mars dengan awak di dalamnya.

Elon Musk sempat mengatakan pihaknya memandang 2023 sebagai target awal untuk mengantar pengusaha asal Jepang, Yusaku Mezawa, dalam perjalanann mengitari BUlan. Sedangkan 2020 akan menjadi misi uji coba roket ini unutk meluncur ke orbit.