Berwarna atau hitam putih? Inilah fenomena ilusi optik yang viral


Sebuah ilusi optik telah tersebat luar secara daring. Seorang atis visual asal Norwegia, Oyvind Kolas menciptakan serangkaian gambar hitam putih yang terlihat berwarna.

Bagaimana hal ini terjadi?

Tipuan ini digunakan untuk memperkenalkan kisi-kisi garis berwarna di atas gambar asli.

Ilusi Munker

 
Warna yang terhampar di atas "mengambil alih" keseluruhan gambar. Ini dikenal dengan nama asimilasi warna: otak kita mentransfer warna ke area yang tak berwarna di sekitarnya.

Dalam unggahannya di laman Patreon, sebuah situs web pendanaan publik yang biasa dipakai oleh seniman, Kolas menjelaskan cara kerja "asimilasi warna" yang juga dikenal dengan sebutan ilusi Munker ini.

"Kisi-kisi warna jenuh ketika dihamparkan di atas gambar hitam putih akan menyebabkan sel-sel hitam putih dipersepsikan oleh otak sebagai berwarna," tulisnya.

Kolas mencoba berbagai lapisan terdiri dari bentuk-bentuk berbeda, yang menghasilkan efek yang beragam intensitasya, tetapi semuanya masih menyebabkan asimilasi warna.

Penjelasan ilmiah

 
Asimilasi warna ini dikenal dengan baik di kalangan ilmuwan.

"Kisi-kisi warna 'diratakan' dengan latar belakang yang tidak berwarna, yang kemudian dihubungkan dengan bagian dari gambar," kata Bart Anderson ahli penglihatan di University of Sydney kepada situs Science Alert.

Maka dengan cara kita untuk melihat warna, otak memberi warna dari rata-rata dari kisi-kisi pada tiap bagian gambar, dan latar belakang hitam putih. Ini menyebabkan seluruh gambar seakan terlihat berwarna.

Ringkasnya: otak kita menyimpulkan informasi visual dan menyediakan gambaran umum tentang segala hal, kecuali ketika kita menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengamati sesuatu dengan lebih seksama.

Maka apa yang Anda lihat ketika Anda menghabiskan waktu beberapa menit lebih banyak ketika melihat gambar di atas?

Apakah Anda melihat gambar-gambar itu hitam putih atau berwarna? Bagaimana jika Anda lihat dengan lebih seksama lagi?