Bukan Tony Stark, Ini Dia Avenger Tercerdas di Jagat Marvel

Avengers tidak hanya berisi para pahlawan dengan kekuatan super. Sebagian dari mereka dianugerahi intelijensia tinggi yang membuat mereka mampu menciptakan kekuatan untuk diri mereka sendiri. Dan, inilah yang membuat film-film Avengers atau Marvel Cinematic Universe (MCU) selalu menarik untuk disimak.

Dari para Avenger itu, nama-nama seperti Tony Stark dan Bruce Banner tentu sudah diakui kecedasan otak mereka. Namun, selain mereka, masih ada sederet nama lainnya yang juga masuk daftar sebagai Avengers atau karakter cerdas di MCU. Di samping itu, bagi sutradara Avengers: Endgame, Anthony dan Joe Russo, baik Tony maupun Bruce bukanlah Avenger tercerdas di MCU. Lantas siapa?

Ketika tampil di San Diego Comic-Con, Anthony dan Joe ditanyai para hadirin tentang siapa Avenger tercerdas. Mereka diminta untuk memilih satu di antara tiga kandidat, yaitu Tony, Bruce dan Shuri—adik Black Panther


Di Avengers: Endgame, Bruce memperlihatkan betapa cerdasnya dia ketika dia mampu memfusikan dirinya dan Hulk menjadi Smart Hulk. Namun, Hulk bukanlah Avenger tercerdas.

“Banner berusaha memecahkan penjelajahan waktu, tapi dia tidak berhasil. Siapa yang memecahkannya?” kata Joe.

Ketika Joe menyebut nama Tony, yang pada akhirnya menyempurnakan kemampuan Avengers untuk menjelajah waktu, dia mendapatkan tepuk tangan dari para hadirin. Namun, tepuk tangan itu kurang meriah dibandingkan ketika Anthony menyebut nama Shuri sebagai Avenger tercerdas. Tepuk tangan meriah pun terdengar dari para hadirin.

“Shuri adalah avenger tercerdas,” kata Joe yang dikutip dari ComicBook.com.

Jauh sebelum Tony memecahkan masalah penjelajahan waktu, produser Black Panther Nate Moore menyebut sudah disepakati bahwa Shuri yang berusia 16 tahun adalah seorang jenius yang bahkan lebih jenius ketimbang Tony. Shuri adalah sosok yang bertanggung jawab atas kemajuan teknologi di Wakanda meskipun usianya masih muda. Dikutip dari CBR, berikut 5 karakter paling cerdas di MCU.

1. Shuri
Bukan Tony Stark, Ini Dia Avenger Tercerdas di Jagat Marvel

Sudah tidak perlu diperdebatkan lagi jika Shuri adalah orang paling cerdas di MCU. Di Black Panther, penonton diperkenalkan terhadap seperti apa kemampuan vibrarium. Selama ini, dipahami bahwa logam itu hanya dipakai untuk senjata. Namun, di tangah seorang ilmuwan cerdas, logam itu bisa dipakai lebih dari itu.

Berkat Shuri, vibrarium bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari di Wakanda, seperti manik-manik kimoyo. Karena Shuri, penyembuhan jadi mudah. Dia mendeprogram Bucky dan menyelamatkan nyawa Everett Ross. Selain itu, dia menciptakan kostum Black Panther yang bisa menyimpan dan melepas energi. Dengan tugasnya sebagai ketua grup ilmiah Wakanda di Oakland, Shuri akan mengubah banyak kehidupan.

2. Tony Stark
Bukan Tony Stark, Ini Dia Avenger Tercerdas di Jagat Marvel

Tony Stark mungkin adalah seorang miliarder playboy, tapi dia adalah seorang jenius. Ini jelas terlihat di Iron Man, film yang memulai MCU. Di Iron Man, ketika disandera di sebuah gua dengan sumber daya terbatas, dia mampu mengelabuhi penyanderanya untuk meyakini kalau dia sedang membuat sesuatu untuk mereka. Padahal, dia sedang membuat kostum Iron Man.

Selain itu, semua tampilan ilmiah semua orang selalu dibandingkan dengan karya Tony. Dia bahkan mampu melampaui pencapaian ayahnya, Howard, yang juga jenius. Daftar perlengkapan dan robot yang sudah dia ciptakan sangatlah panjang. Tony juga secara tidak sengaja menciptakan Ultron, artificial intelligence terkuat yang pernah dihadapi Avengers.

3. Hank Pym
Bukan Tony Stark, Ini Dia Avenger Tercerdas di Jagat Marvel

Hank Pym adalah pakar fisika dan entomologis, yang merupakan kombinasi yang sulit. Hank memiliki partikel yang diberi nama seperti namanya—Partikel Pym. Partikel ini sulit dicari dan dibuat. Dia adalah orang yang menemukan bahwa semua orang bisa bepergian di antara dimensi, dan dia memiliki teknologi yang tepat.

Karena karyanya di teknologi nano, ciptaannya bisa mengecil dan membesar tanpa mencelakai penggunanya. Senjata yang dia ciptakan, keping Partikel Pym, juga bisa mengecilkan atau membesarkan target, sama seperti kostum Ant-Man yang bisa mengecil dan membesar. Dia juga menciptakan peralatan untuk berkomunikasi dengan semut dan memiliki pemahaman luas terkait bagaimana menggunakannya secara efektif. Dan dia mendirikan perusahaan bernama Pym Technologies.

4. Bruce Banner
Bukan Tony Stark, Ini Dia Avenger Tercerdas di Jagat Marvel

Bruce Banner dikenal sebagai Hulk. Namun, sebelum dia berubah menjadi monster pemarah hijau raksasa, dia adalah seorang ilmuwan. Karyanya di bidang radiasi gamma adalah yang membuat terciptanya Hulk. Selain menjadi pakar radiasi gamma, Bruce juga punya kepiawaian dalam permesinan.

Bruce adalah satu dari sedikit orang yang bisa memahami Tony Stark ketika dia berbicara sains. Apalagi, Tony juga meminta pendapat Bruce. Namun, tak seperti Tony, Bruce punya 6 titel Doktor (PhD). Dengan mempertimbangkan waktu rata-rata yang dibutuhkan orang untuk meraih titel Doktor, ini cukup mengesankan. Bruce juga membuka intelijensia emosionalnya ketika dia merasa amarah masuk ke dirinya dan menenangkan diri dengan meditasi.

5. Stephen Strange
Bukan Tony Stark, Ini Dia Avenger Tercerdas di Jagat Marvel

Banyak orang berharap bisa memiliki memori fotografi saat duduk di bangku sekolah. Ini tentu akan membantu mengurangi waktu belajar. Dan, Stephen Strange menggunakan memori eidetiknya untuk kepentingannya sendiri. Dia bisa meraih titel dokter dan doktornya dalam waktu bersamaan. Sebelum mempelajari seni mistis, Strange adalah seorang dokter bedah saraf. Otaknya begitu kuat sehingga dia bisa mengoperasi otak orang lain.

Tentu saja, dokter bedah saraf mudah ditemukan di dunia ini, tapi menemukan seorang penyihir yang terlatih itu jauh lebih sulit. Setelah mengalami kecelakaan mobil, Stephen mulai belajar menjadi Master of the Mystic Arts. Berkat otaknya yang cerdas dan kemampuan memori fotografinya, Stephen dengan cepat memahami mantra yang rumit dan belajar bahasa Sansekerta dalam waktu yang bersamaan.