Dubai Bangun Kolam Renang Tertinggi di Dunia


Pulau artifisial Palm Jumeirah di Teluk Persia dapat terlihat dengan jelas dari atas langit. Pemandangan memukau itu juga dapat disaksikan dari jendela helikopter, jendela pesawat, dan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tak hanya itu, bangunan itu pun bisa tampak dari permukaan, tepatnya di salah satu tempat kolam renang tertinggi di dunia di Dubai.

Kolam renang di dalam proyek kompleks perumahan dan hotel mewah ini dibuat oleh perusahaan lokal Nakheel. Tak tanggung-tanggung, pembangunan The Palm Tower memakan biaya hingga AED1,2 miliar (Rp4,6 triliun). Kini proyek telah memasuki tahap akhir. Bangunan itu memiliki luas 775 meter persegi dan tinggi 210 meter dari atas permukaan tanah.

Di lantai 50 The Palm Tower terdapat sebuah kolam renang yang dapat diisi hingga 930 ribu liter air. Meski terletak sangat tinggi di ujung bangunan, kolam renang itu bukan puncak The Palm Tower. Di atasnya terdapat lagi dua bangunan kecil terdiri dari restoran dan tempat menyaksikan pemandangan kota.


Direktur Pelaksana Nakheel, Omar Khoory, optimistis puncak bangunan The Palm Tower akan menjadi magnet utama pariwisata. Dia mengaku pembangunannya tidak mudah. Sebab, pengiriman 2.000 ton kaca dan 1.200 ton baja menuju puncak yang diangkut crane setinggi 300 meter kerap dihambat embusan angin.

“Pembangunannya sulit. Kolam renang itu sengaja kami rancang untuk meminimalisir dampak angin laut,” ujar Omar, dikutip CNN. “Struktur atap di bagian puncak sudah berhasil dselesailam, sedangkan pagar kaca baru selesai sekitar 60%. Kami memprediksi The Palm Tower dapat selesai pada akhir tahun ini,” urainya.

Nakheel menggunakan baja mengapung untuk membangun bagian puncak. Tempat itu juga dapat diakses dari tower di sampingnya yang memiliki 350 toko dan stasiun monorail. The Palm Tower juga memiliki museum dan gallery pembangunan Palm Jumeirah. Omar mengatakan gedung ini sangat spesial.


Sementara itu, kolam renang tertinggi terdapat di Hotel Ritz-Carlton Hong Kong. Terletak di lantai 118 atau 480 meter, kolam renang itu menyajikan pemandangan kota Hong Kong yang indah, terutama pada malam hari. Fasilitasnya juga mewah, berkelas, dan memanjakan pelanggan Ritz-Carlton yang ingin mengendurkan saraf.

Kolam renang tertinggi kedua terdapat di Burj Khalifa. Meski Burj Khalifa memecahkan berbagai rekor dunia, mereka harus puas berada di urutan kedua mengingat kolam renang yang dibangun terletak di lantai 76. Kolamrenang di Burj Khalifa didesain lebih kecil karena diperuntukkan bagi perorangan atau keluarga.