Kekayaan Berlimpah, Miliarder Tak Malu Pakai Mobil Biasa


Para miliarder dunia memiliki kekayaan berlimpah, namun banyak di antara mereka mengendarai mobil biasa yang digunakan oleh orang pada umumnya. Itu menunjukkan para miliarder juga kerap menerapkan gaya hidup yang bersahaja.

Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos yang memiliki 12% saham di Amazon memiliki kekayaan USD114,8 miliar setelah perceraian dengan istrinya, MacKenzie. Meskipun memiliki kekayaan berlimpah, Bezos kerap mengendarai mobil Honda Accrord 1996.

“Ini (Honda Accrod merupakan mobil paling sempurna,” kata Bezos pada salah satu episode 60 Minutes” pada 1999. Mobil itu dibeli seharga USD17.890 pada 1996. Mobil Honda Accord 1996 merupakan mobil favoritnya Bezos. Bahkan, dia kerap mengendarainya setiap pagi untuk pergi ke kantor.


Namun demikian, Bezos juga memiliki banyak mobil mewah lainnya di garasinya, salah satunya adalah Ferrari Pinifarina Sergio senilai USD3 juta dan Bugatti Veyron Mansory senilai USD3,4 juta. Bezos juga memiliki mobil Lamborghini senilai USD5 juta dan pesawat pribadi Dassault Falcon 900 EX senilai USD41 juta.

Kemudian, Jack Ma merupakan pendiri Ali Baba Group. Dengan kekayaan bersih senilai USD37,3 miliar, Jack Ma merupakan orang terkaya di dunia. Dia pernah terlihat mengendarai Roewe RX5 SUV pada Oktober 2018.

Kenapa mobil Roewe RX5 menjadi favorit Jack Ma? Itu merupakan mobil yang merupakan proyek kerja sama antara Alibaba dan SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) yang disebut dengan Internet Car. Itu mengacar pada Internet of Things (IoT) di mana segala sesuatunya terkoneksi, misalnya ponsel dengan mobil, mobil dengan rumah, dan rumah dan ponsel.

Alibaba tidak banyak melakukan apapun dengan mobil tersebut. Mobil itu didesain dan dikembangkan oleh SAIC dan dijual melalui delar SAIC. Alibaba hanya berkontribusi pada sistem operasi untuk sistem hiburan mobil. Sistem operasi itu disebut dengan YunOS for Car. Melansir Forbes, SAIC merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di China yang bekerja sama dengan General Motors dan Volkswagen.

Sedangkan Bill Gates, pendiri Microsoft yang memiliki kekayaan USD103,8 miliar itu memiliki beberapa mobil, salah satu favoritnya adalah 1988 Porsche 959. Harga mobil itu mencapai USD300.000 dan menjadi salah satu mobil tercepat di dunia.

Gates pertama kali membeli Porsche 911 Turbo pada 1979. Mobil tersebut kemudian dilelang senilai USD80.000. Namun, Porsche 959 merupakan mobil yang paling disukai oleh Gates. Mobil yang diimpor dari Jerman itu memang telah lama diidamkan-idamkan oleh Gates. Dia merupakan satu warga AS yang memesan mobil 959 dari Porsche itu ketiuka dirilis. Itu merupakan mobil paling hebat pada 1980-an. Dengan turbo ganda, mobil dengan transmisi manual 6 itu mampu melaju dengan kecepat 195 mil per jam.

Kemudian, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook dilaporkan membeli Pagani Huayra pada 2014. Selain itu, dia juga memiliki mobil Acura TSX, Honda Fit, dan Volkswagen Golf GTI. Khusus Pagani 2014 dijual dengan harga USD1,4 juta. Itu bukan harga mahal bagi miliarder dengan kekayaan USD74,4 miliar.

Honda Fit juga merupakan mobil pilihan Zuckerberg dan dikenal sebagai Honda Jazz di Indonesia. Jenit Honda Fit yang disukai Zuckerberg adalah generasi awal dari hatchback Honda. Honda Jazz miliknya itu memiliki mesin 1,5 liter mesin.

Selanjutnya, pendiri Facebook dan Asana Dustin Moskovitz memiliki kekayaan USD13,4 miliar. Meskipun dia memiliki 3% saham di Facebook, pada 2011, Moskovitz kerap mengendarai Volkswagen R32.


Kemudian, CEO Alphabet dan pendiri Google Larry Page merupakan orang terkaya ke-8 di dunia. Dia hanya memiliki gaji tahunan sebesar USD1 dolar, tetapi kekayaan bersihnya mencapai USD53,5 miliar. Dia kerap mengendarai Toyota Prius seharga USD23.770 pada 2019.

Menariknya, Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX dikenal kerap mengendarai mobil yang diproduksinya sendiri. Dia memiliki Tesla Mode 3 dan meluncurkan mobil Tesla Roadster ke antariksa.

Selanjutnya, Alice Walton merupakan salah satu pewaris kekayaan Walmart dan perempuan kedua terkaya di dunia. Meskipun tetap bekerja di Walmart seperti dua saudara lelakinya, dia juga memutuskan menjadi curator seni. Dia dikabarkan menghabiskan ratusan juta dolar untuk hobi seninya. Salah satu mobil yang dimiliknya adalah Ford F-150 King Ranch yang dibeli pada 2006 seharga USD40.930.

Dengan nilai kekayaan USD86,1 miliar, pengusaha AS Warren Buffet merupakan orang terkaya di dunia. Namun, dia kerap menjalani hidup yang bersahaja. Dia kerap makan di McDonald dan mengendarai mobvil sendiri dengan Cadillac XTS.