Luksemburg Akan Jadi Negara Eropa Pertama yang Legalkan Ganja


Menteri Kesehatan Luksemburg mengkonfirmasi rencana untuk menjadi negara Eropa pertama yang melegalkan produksi dan konsumsi ganja. Luksemburg pun meminta negara-negara tetangganya di Uni Eropa (UE) untuk melonggarkan hukum narkoba mereka.

"Kebijakan narkoba yang kami miliki selama 50 tahun terakhir tidak berhasil," kata Etienne Schneider kepada Politico.

"Melarang segala sesuatu membuatnya lebih menarik bagi orang-orang muda. Saya berharap kita semua akan mendapatkan sikap yang lebih terbuka terhadap narkoba," imbuhnya seperti disitir dari The Guardian, Kamis (8/8/2019).

Warga Luksemburg yang berusia di atas 18 tahun diharapkan dapat membeli ganja untuk penggunaan rekreasi secara legal dalam waktu dua tahun. Sementara negara akan mengatur produksi dan distribusi melalui agen ganja.

Rancangan undang-undang legalisasi ganja yang diharapkan akan diluncurkan akhir tahun ini akan memberikan rincian lebih lanjut tentang jenis-jenis ganja yang akan dijual dan tingkat pajak yang akan dikenakan.

Schneider mengatakan undang-undang itu kemungkinan akan mencakup larangan non-penduduk yang membeli ganja untuk menghalangi wisata obat-obatan. Menanam di rumah juga kemungkinan akan dilarang.

Anak di bawah umur yang berusia antara 12 dan 17 tahun tidak akan dikriminalisasi karena memiliki ganja seberat lima gram atau kurang, tetapi mereka yang melanggar undang-undang akan dikenakan hukuman yang tegas berdasarkan rencana tersebut.

Schneider mengatakan dia ingin mendorong negara-negara UE lainnya untuk mengikuti jalan Luksemburg.

Perjanjian koalisi pemerintah antara Liberal, Sosial Demokrat dan Hijau memberikan legalisasi ganja dalam lima tahun.

Jika diberlakukan, Luksemburg akan bergabung dengan Kanada, Uruguay, dan sebelas negara bagian AS untuk melanggar konvensi PBB tentang kontrol obat-obatan narkotika yang secara eksklusif membatasi untuk tujuan medis dan ilmiah produksi, manufaktur, ekspor, distribusi impor, perdagangan, pekerjaan dan kepemilikan obat-obatan termasuk ganja.

Luksemburg sendiri sebelumnya telah melegalkan penggunaan ganja untuk tujuan pengobatan. Kepemilikan sejumlah kecil untuk penggunaan rekreasi juga telah didekriminalisasi, tetapi pembelian, penjualan, dan produksinya tetap ilegal.

Schneider dan Menteri Kehakiman Luksemburg, Felix Braz, mengunjungi rumah kaca di Smith Falls, Kanada, tahun lalu untuk menyaksikan produksi massal ganja oleh Canopy Growth Corporation.

Uruguay menjadi negara pertama di dunia yang menciptakan pasar ganja nasional yang legal ketika melegalkannya pada 2013, dan kemudian diikuti oleh Kanada pada 2018.

Warga Kanada dapat memesan produk ganja di situs web yang dijalankan oleh provinsi atau pengecer swasta yang teregulasi dan mengirimkannya ke rumah mereka melalui pos.

Luksemburg akan mengikuti Kanada dalam mengesahkan kepemilikan 30 gram ganja. Pendapatan pajak akan diinvestasikan kembali dalam program edukasi narkoba dan perawatan kecanduan.


Dua perwakilan dari Consumer Choice Agency di Kanada telah melakukan perjalanan ke Luksemburg pada bulan April untuk memberikan masukkan terhadap undang-undang legalisasi ganja.

Salah satu yang menjadi pro kontra adalah apakah akan melarang penggunaan ganja di depan umum, yang berisiko mendiskriminasikan penyewa dan orang-orang dengan cara terbatas. Para pejabat merekomendasikan untuk mengizinkan penggunaan obat di tempat umum tertentu.

Di Belanda, mungkin negara Eropa yang paling terkait dengan sikap santai terhadap penggunaan ganja, penggunaan rekreasi, kepemilikan dan perdagangannya secara teknis ilegal. Negara ini memiliki 'kebijakan toleransi', atau gedoogbeleid, di mana penggunaan rekreasi sebagian besar diterima dalam batasan tertentu.

Sementara di Inggris, ganja tetap barang "haram" untuk dimiliki, ditanam, didistribusikan, dijual atau tumbuh. Mereka yang tertangkap akan menghadapi hukuman maksimal lima tahun penjara, denda tak terbatas atau keduanya. Beberapa pasukan polisi mengatakan mereka tidak akan lagi menargetkan pengguna rekreasi dan mereka yang kurang dari 28 gram dapat diberi peringatan atau denda di tempat.