Polisi Thailand Amankan Sebuah Bom di Pusat Kota Bangkok


Otoritas Thailand menemukan sebuah bom yang tidak meledak di sebuah pasar di pusat Bangkok, Rabu (7/8/2019). Bom itu diyakini sebagai sisa-sisa dari serangan bom pekan lalu yang melukai empat orang.

Enam bom kecil dan enam bom api meledak di Ibu Kota Thailand pada Jumat lalu saat kota itu menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri Asia Tenggara. Pertemuan itu juga dihadiri oleh para diplomat top dari Amerika Serikat (AS), China, dan kekuatan dunia lainnya.


Polisi Thailand mengatakan bom yang baru ditemukan di pasar Prathunam di pusat Bangkok mirip dengan yang meledak pada Jumat lalu.


"Perangkat itu berfungsi, tetapi api tidak dapat membakarnya karena disembunyikan di bawah setumpuk pakaian sehingga tidak ada cukup oksigen untuk membakar bom itu," kata seorang petugas kepolisian tanpa menyebut nama karena ia tidak berwenang berbicara kepada media.

"Perangkat ini dipicu oleh waktu dan terhubung ke sumber daya, jenis yang sama yang digunakan dalam serangan pekan lalu, dan kemungkinan ditempatkan sekitar waktu yang sama dengan perangkat lain," imbuhnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha mengatakan pihak berwenang telah menahan sembilan tersangka, termasuk dua orang yang ditangkap pada hari Jumat. Mereka dituduh menanam dua bom di depan markas polisi di pusat kota Bangkok sehari sebelumnya.