Samsung Masih Jadi Raja Ponsel Dunia, Huawei Tak Bisa Dikejar Apple


Strategy Analytics dan Counterpoint mengeluarkan beberapa data menarik untuk kuartal kedua (Q2) 2019 terkait pengiriman smartphone global. Data yang disebut tidak mengejutkan karena hampir sama dari tahun ke tahuan. Menariknya pasar mengalami penurunan, tapi Samsung dan Huawei mengalami peningkatan pengiriman.

Menurut Strategy Analytics, pengirimant global mengalami penurunan 2,6%. Rinciannya, Samsung yang berada di peringkat pertama mengalami kenaikan 1,9% dan disusul Huawei naik tipis 1,7%.

Di posisi ketiga ada Apple yang kehilangan 0,7% penjualan year on year. Secara angka disebutkan Samsung menjual 76,3 juta unit ponsel, Huawei 58,7 juta, dan Apple sebanyak 38 juta iPhone.


Xiaomi dan Oppo mengikuti tiga OEM teratas dengan pangsa pasar 9,4% dan 8,7%. Namun total pengiriman untuk Oppo turun dan Xiaomi stagnan.

Penelitian Counterpoint memberikan data yang sama dengan sedikit lebih detail untuk sisa merek di 10 besar. Samsung disebut menguasai pasar 20%, Huawei hampir 16%, dan Apple 10% lebih.

Counterpoint menilai ketiga OEM memiliki pangsa pasar sedikit lebih rendah. Mereka juga melaporkan pasar global hanya turun 1,2%, bukan 2,6% seperti yang diungkap Strategy Analytics


Menariknya, pertumbuhan HMD Global (Nokia) mengalami pengiriman 20% lebih banyak di Q2 2019 dibandingkan Q2 2018 dengan mengambil posisi ke-9 di peringkat global. Lenovo dan vivo juga mencatat peningkatan penjualan yang sederhana, sementara LG berjuang untuk tetap bertahan.

Pertumbuhan realme luar baisa dengan capaian 848%. Hal itu normal mengingat smartphone pertama mereka dirilis pada Q2 2019.