Tahun Depan Cristiano Ronaldo Putuskan Pensiun


Meski belum punya rencana akan pensiun, Cristiano Ronaldo mengatakan bisa saja tahun depan keputusan gantung sepatu akan diambil. Kemungkinan lain, Ronaldo akan mengakhiri kariernya sebagai pemain profesional tepat di usia 40 tahun.

Mantan pemain Real Madrid itu saat ini baru memasuki usia 34 tahun. Meski usianya terbilang tidak muda lagi, CR7 tetap menampilkan permainan terbaiknya. Setidaknya itu ditunjukkan di Juventus di mana sukses membawa Bianconeri meraih scudetto. Di klub barunya itu Ronaldo berhasil mengemas 28 gol dalam 43 pertandingan di semua kompetisi.

Pemenang Ballon d'Or lima kali itu tidak pasti kapan akan berhenti bermain, meskipun sang bintang mengatakan mungkin tidak akan jauh dari sekarang. "Saya tidak memikirkan itu (pensiun). Mungkin saya bisa meninggalkan karier saya tahun depan. Tapi saya juga bisa bermain hingga usia 40 atau 41" ucapnya dalam wawancara dengan TVI, Rabu (21/8/2019).


"Saya tidak tahu. Apa yang selalu saya katakan adalah untuk menikmati saat ini. Hadiah itu luar biasa dan saya harus terus menikmatinya," imbuhnya.

Seiring dengan berbagai penghargaan individu, Ronaldo telah memenangkan rekor lima gelar Liga Champions (empat bersama Real Madrid dan satu dengan Manchester United). Selain itu, ia pun pernah mengantarkan United meraih tiga mahkota Liga Primer dan dua trofi LaLiga buat Madrid.

Tampaknya keraguan Ronaldo untuk mengakhiri karier itu didorong keinginan membuat sejarah dan termotivasi dengan membuat rekor. "Apakah ada pemain sepak bola yang memiliki lebih banyak catatan daripada saya? Saya tidak berpikir ada pemain sepak bola yang memiliki lebih banyak catatan daripada saya," tandasnya.