7 Nama Perusahaan Aneh yang Bikin Salah Paham

Kamu tahu apa itu Kontool? Eits, jangan berburuk sangka dulu, karena ternyata nama sakral tersebut merupakan nama perusahaan!
Jagad dunia maya tengah heboh karena sebuah startup teknologi dari Jerman memiliki nama unik, Kontool. Dalam bahasa Jawa, kata tersebut bermakna alat kelamin pria (dengan o satu).

Kontool sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Konto dan Tool. Mereka menyediakan tools yang mampu membantu perusahaan untuk melakukan transformasi ke dunia digital.

Namun Kontool tak perlu bersedih hati, karena ternyata ada banyak banget perusahaan lain dengan nama aneh yang bikin salah paham! Apa saja?

Nama Perusahaan Aneh
Yang jelas, perusahaan-perusahaan yang ada di daftar ini tidak bermarkas di Indonesia. Jika sampai ada, bisa didatangi massa yang protes karena pemilihan nama yang jorok.

Selain Kontool, perusahaan apalagi yang akan bikin kita geleng-geleng kepala ketika membaca namanya? Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftarnya!

1. Entod


Perusahaan dengan nama yang bikin salah pertama adalah Entod. Kata ini kalau di Indonesia bisa menjadi sangat tabu lo, geng.

Tapi, ternyata di India nama ini justru menjadi nama perusahaan farmasi dengan nama lengkap Entod International. Bahkan, mereka sudah membuka cabang di Inggris.

Coba bayangkan seandainya mereka buka cabang di Indonesia dan bikin iklan, kira-kira naskahnya jadi seperti ini:

"Mata Anda terasa perih? Di-Ent*d saja!"

2. Sangean


Sebagai perusahaan elektronik asal Taiwan, sebenarnya Sangean sudah beroperasi sejak lama, yakni tahun 1974. Mereka juga beberapa cabang di kota-kota besar dunia.

Produk mereka yang terkenal adalah radio, yang terkenal karena desainnya yang indah. Berbagai penghargaan sudah mereka raih berkat desainnya tersebut.

Di Indonesia sendiri, nama Sangean berarti "memiliki nafsu seks yang tinggi", sehingga jika radio mereka masuk pasar Indonesia, mungkin sebaiknya mereka mengganti nama tersebut.

3. Tempix


Perusahaan dengan nama yang enggak kalah jorok lainnya adalah Tempix yang dalam bahasa Jawa berarti alat kelamin wanita. Mirip dengan Memex yang Jaka bahas beberapa waktu lalu.

Padahal, Tempix di sini merupakan perusahaan yang mengembangkan berbagai alat yang terkait dengan makanan. Salah satu yang terkenal adalah The Indicator.

Alat ini mampu memberi tahu kita indikator suhu sebuah makanan. Tidak hanya secara real-time, tapi juga suhu mulai dari proses pembuatan hingga sampai di meja kita.

Ada sebuah bar hitam yang muncul untuk menandakan makanan tersebut diproses dengan suhu yang baik. Jika tidak, maka bar hitam tersebut akan menghilang.

Perusahaan Aneh Lainnya . . .
4. Peli


Sama seperti Kontool, Peli dalam bahasa Jawa juga berarti alat kelamin laki-laki. Tapi, ada perusahaan asal Eropa yang menggunakan nama ini sebagai nama perusahaan.

Peli Products merupakan kantor pusat Eropa dari perusahaan asal Amerika Serika, Pelican Products. Mungkin, agar lebih singkat saja sehingga di Eropa namanya menjadi Peli.

Perusahaan ini memproduksi banyak sekali produk, seperti koper, senter, case HP, dan lain sebagainya. Seandainya membuka cabang di Indonesia, pasti harus ganti nama.

5. Itil


Sedikit berbeda dengan perusahaan lain yang ada di daftar ini, ITIL bukanlah nama perusahaan, melainkan singkatan dari Information Technology Infrastucture Library.

Ini merupakan suatu rangkaian yang berkaitan dengan teknologi informasi. Nama ITIL terdaftar sebagai merek dagang, sehingga Jaka memasukkannya ke dalam daftar ini.

Kata ITIL sendiri dalam bahasa Jawa berarti klitoris, salah satu bagian dari alat kelamin wanita yang sebenarnya cukup tabu untuk diucapkan di muka umum.

6. Silit


Dalam bahasa Jawa, Silit memiliki arti anus atau dubur. Oleh karena itu, rasanya tidak mungkin ada orang yang akan menggunakan nama ini untuk produk mereka, apapun itu.

Ternyata, ada loh yang menggunakan nama tersebut. Produsen alat masak asal Jerman menggunakan nama tersebut sejak tahun 1920.

Produk yang mereka hasilkan antara lain adalah panci dan wajan berteknologi canggih. Jika mereka menjual produknya di Indonesia, mungkin akan seperti ini iklannya:

"Dengan Silit, makanan untuk keluarga Anda akan menjadi semakin lezat!"

7. Ewe


Terakhir yang enggak kalah parah dari Entod adalah Ewe. Perusahaan asal Jerman ini telah ada sejak tahun 1930.

Perusahaan ini berfokus pada penyediaan listrik dan gas alam, manajemen air, infrastruktur komunikasi, koneksi internet, manajemen energi, dan lain sebagainya.

Sebagai perusahaan yang sudah berskala internasional, Ewe memiliki karyawan lebih dari 8.000 orang. Tapi namanya itu loh, bikin inget kasus KKN di Desa Penari.

Akhir Kata
Uniknya, netizen Indonesia justru mengapresiasi kehadiran startup Kontool tersebut. Laman Facebook mereka dibanjiri oleh ucapan selamat dan doa agar startup tersebut sukses.

Pihak dari Kontool sendiri telah mengetahui apa arti dari nama yang mereka gunakan dalam bahasa Indonesia. Mereka juga berterima kasih atas semua dukungan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia.

Menurutmu, mana nih yang nama perusahaannya paling gokil? Tulis di kolom komentar, ya!