Bertahun-Tahun Tergantung di Dapur, Lukisan Ini Ternyata Senilai Rp84 Miliar


Seorang wanita tua di Prancis tidak menyadari selama bertahun-tahun dia menyimpan harta karun di dapurnya. Sebuah lukisan yang digantung begitu saja di dekat rak piring ternyata harganya diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Pemilik sama sekali tidak menyadari bahwa lukisan itu adalah karya besar seorang maestro Italia abad ke-13. Kini lukisan itu akan dilelang dan diperkirakan bisa laku hingga US$6,6 juta atau sekitar Rp85 miliar.

Lukisan yang hilang tersebut berjudul “Christ Mocked”, sebuah mahakarya seniman Florentine Renaissance Cimabue pada akhir abad ke-13.  Selama bertahun-tahun, lukisan itu tergantung di dekat piring di dapur seorang wanita tua di Compiegne, utara Paris.  Lukisan ditemukan ketika spesialis lelang menilai barang-barang miliknya beberapa bulan lalu.

Pelukis Prancis  Eric Turquin mengatakan tidak ada keraguan tentang keaslian lukisan itu, karena itu cocok dengan gaya maestro Italia dan terowongan yang dibuat oleh cacing kayu di panel kayu poplar cocok dengan dua karya Cimabue lain  yakni  “Madonna Enthroned” yang ada di Galeri Nasional London dan “The Flagellation of Christ” di Frick Collection New York.

“Ini adalah karya penting dalam sejarah seni. Cimabue mendorong kemampuannya, ia memutuskan dengan gaya lukisan Yunani tanpa perspektif dan ia memperkenalkan kemanusiaan. Pada 1280, itu benar-benar baru, ia seorang revolusioner, ”kata Turquin kepada Reuters.

Lukisan itu, yang dieksekusi dalam tempera telur, memperlihatkan sosok Kristus yang dikelilingi oleh banyak orang marah yang datang untuk menangkapnya.

Turquin mengatakan lukisan itu cukup kecil karena hanya berukuran 20 x 26 cm  dan diyakini sebagai bagian dari diptych yang terdiri dari delapan panel kecil. Mungkin telah dipotong oleh pedagang seni di abad ke-19 untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

“Karya Cimabue sangat jarang. Ketika saya masih mahasiswa seni, saya tidak akan pernah berani berpikir bahwa suatu hari saya akan memiliki kesempatan  memegang lukisan seperti ini, ”katanya.
Penjualan akan menjadi contoh pertama dari lukisan Cimabue di pasar dan akan menjadi kesempatan pertama untuk menghargai karya seniman besar tersebut.

Lahir di Florence, Cimabue, juga dikenal sebagai Cenni di Pepo, adalah pelukis perintis primitif Italia, yang hanya sekitar 10 karya diketahui selamat. Dia adalah salah satu yang pertama menggunakan perspektif dan melukis dalam gaya yang lebih alami yang memecah tradisi abad pertengahan dan Bizantium.

1 comments:

Author
avatar

ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

Reply