iPhone Berusia 2.100 Tahun Ditemukan di 'Atlantis' Rusia

Objek hitam persegi panjang ditemukan di sebuah situs pemakaman yang dikenal sebagai The Russian Atlantis
"iPhone" berusia 2.137 tahun yang aneh ditemukan di dalam kuburan seorang wanita muda telah membuat para arkeolog terpukau.

Objek hitam persegi panjang itu ditemukan di sebuah situs pemakaman yang dikenal sebagai "The Russian Atlantis" - nama yang diberikan untuk sebuah wilayah di Republik pegunungan Tuva karena hanya muncul dari bawah air selama beberapa minggu dalam setahun.

Tampak benda persegi panjang itur berukuran sama dengan iPhone modern dan bahkan memiliki lubang di bagian atas dan bawah seperti ponsel Apple yang populer.

Pavel Leuis, dari Masyarakat untuk Eksplorasi EurAsia, sejak itu menjelaskan benda itu ditemukan di dalam kuburan seorang wanita kuno bernama Natasha.


"Pemakaman Natasha dengan iPhone era Xiongnu tetap menjadi salah satu yang paling menarik di situs pemakaman ini," katanya dalam sebuah publikasi baru yang merangkum hasil beberapa tahun ekspedisi arkeologis baru-baru ini ke situs pemakaman Ala-Tey.

Ponsel berukuran 18x9cm, sebenarnya adalah sabuk gesper chic yang terbuat dari batu permata jet dan dihiasi dengan koin "wuzhu" Tiongkok.

Koin-koin ini telah membantu para ilmuwan menentukan tanggal objek kembali ke 2.137 tahun yang lalu ketika mata uang itu pertama kali dicetak.

Temuan ini dibuat pada tahun 2016 tetapi hasilnya baru saja diumumkan kepada publik, seperti yang dilaporkan dalam The Siberian Times.

Air di wilayah itu mengering pada Mei dan Juni setiap tahun memperlihatkan lantai mirip gurun untuk diperiksa para ahli.