Jelang Peluncuran, Ini Harapan Banyak Orang Terhadap iPhone 2019

Apple segera meluncurkan handphone barunya, iPhone 11 (2019) dengan sejumlah pembaruan.

CUPERTINO - Apple akan mengungkap iPhone generasi berikutnya pekan ini. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kini publik di manapun bisa lebih mudah menyaksikannya langsung melalui kanal YouTube. Sebelumnya, Anda membutuhkan perangkat Apple atau Microsoft Edge.

Karena ada banyak kebocoran tentang model-model baru, laman GSM Arena menyebutkan, ada banyak ide bagus tentang apa yang diharapkan dari perangkat. Apa saja?

Pertama, tentang ketiga model itu sendiri. Apple diduga akan merilis iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max sebagai model premium. Mereka akan menggunakan layar OLED masing-masing 5,8 inci dan 6,5 inci, sama seperti model XS. Mereka juga menampilkan tiga kamera di bodi belakangnya.

IPhone 11 akan menjadi penerus XR dengan layar LCD 6,1 inci dan hanya mengadopsi dua kamera. Ini kemungkinan adalah kamera dari ponsel XS yang sekarang ada atau setidaknya sesuatu yang sangat mirip, yang artinya kamera biasa dan tele.

Kamera ketiga pada duo Pro akan menggunakan lensa ultrawide (120 derajat), yang pertama untuk keluarga Apple. Fitur itu cukup populer di industri Android.

Android juga umumnya memiliki sensor ToF 3D, tapi sepertinya Apple tidak akan mengadopsi teknologi tersebut tahun ini. Kemungkinan baru diaplikasikan untuk iPhone 2020. Sebagai gantinya, Sensor 3D cahaya terstruktur dari FaceID bakal mereka tingkatkan.

Ketiga model iPhone 11 diharapkan memiliki pengisian nirkabel terbalik -Wireless PowerShare. Ini akan memungkinkan handphone mengisi ulang AirPods baru serta jam tangan Apple. Sedangkan untuk pengisian kabel, ada laporan tentang USB-C, tapi kemungkinan itu hanya pada sisi pengisi daya.

Artinya Apple akan mengirimkan iPhone dengan USB-C ke kabel Lightning, sehingga memberi Anda kabel yang tepat untuk menghubungkan iPhone ke MacBook. Apple juga menggunakan baterai yang lebih besar dari edisi sebelumnnya agar iPhone tahan beroperasi lebih lama.

Kabarnya iPhone XR akan ditenagai baterai 2.942 mAh, iPhone 11 (3.110 mAh), iPhone XS (2.658 mAh), iPhone 11 Pro (3.190 mAh), iPhone XS Max (3.174 mAh), dan iPhone 11 Pro Max (3.500 mAh)

Untuk sisi jeroan handphone, Apple diprediksi memperkenalkan chipset baru yang lebih kuat, yakni Apple A13. Lebih penting lagi, Apple dapat membenamkan RAM 6 GB pada model Pro dan 4 GB pada iPhone 11 dasar. Penyimpanan dasar pada Pro diharapkan dua kali lipat menjadi 128 GB. Juga diharapkan chipset A13 akan menampilkan ISP baru dengan fitur Smart HDR yang akan meningkatkan kompetisi.

Model "Pro", seperti rekan-rekan iPad-nya, akan mendukung Apple Pencil, tetapi tidak akan menjadi kompetisi untuk seri Galaxy Note Samsung. Karena stylus akan sepenuhnya eksternal. Layar dari trio iPhone 11 juga akan mengambil langkah mundur, di mana sentuhan 3D akan menghilang.

Soal harga, iPhone 11 akan dibanderol mulai dari $ rp10,5 juta, sedangkan versi Pro dilepas mulai Rp14 juta ke atas. Detailnya, iPhone 11 Pro dihargai Rp14,5 juta dan Rp15,4 juta. Trio iPhone 11 diharapkan mulai dijual pada 20 September.

Acara Apple besok tidak akan secara eksklusif tentang iPhone. Kita juga bakal melihat kehadiran Apple Watch 5. Jam tangan pintar baru itu memiliki selubung titanium dan keramik baru. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang handset.