Ilmuwan Ungkap 20 Negara Teraman untuk Menghindari Kiamat, Indonesia Masuk?




Jika Anda khawatir tentang di mana Anda, teman, dan keluarga Anda dapat bersembunyi jika terjadi kiamat karena pandemik penyakit seperti yang digambarkan dalam 28 Days Later  atau film kiamat lainnya, maka jangan khawatir, kini ada sedikit jawaban yang bisa ditemukan.

Para peneliti dari Universitas Otago Selandia Baru telah menyebutkan negara-negara terbaik bagi orang dapat bersembunyi, jika pandemi global meletus. Pilihan mereka jatuh pada negara kepulauan, karena para ilmuwan menilai akan sulit bagi pembawa penyakit menjangkau mereka.

“Meskipun pembawa penyakit dapat dengan mudah menghindari perbatasan darat, pulau mandiri yang tertutup dapat menampung populasi yang terisolasi dan mahir teknologi yang dapat mengisi kembali Bumi setelah bencana,” kata dokter kesehatan masyarakat Nick Wilson dari University of Otago Selandia Baru sekaligus penulis laporan tersebut.

Untuk mengidentifikasi tempat perlindungan paling efektif dalam krisis semacam ini, para peneliti tidak mempertimbangkan pulau-pulau kecil.  Meski orang yang terisolasi mungkin lebih  bisa bertahan dengan baik tanpa bantuan, populasi kecil tanpa beragam pakar teknis tidak akan mampu membangun kembali secara efektif dan menciptakan kembali peradaban teknologi modern.

Para peneliti membuat daftar negara dengan menggunakan sejumlah sistem penilaian yang berfokus pada karakteristik seperti populasi, lokasi, ketersediaan sumber daya alam, serta fitur politik dan sosial masyarakat.

Ketika mereka memberi skor pada negara-negara dengan berbagai sistem penilaian tersebut mereka mendapatkan 20 tempat yang bisa menjadi pulau perlindungan paling efektif, tetapi tiga khususnya menonjol berdasarkan skor mereka (rata-rata dari 0-1).

Australia dengan skor 0,71 diikuti oleh Selandia Baru (0,68) dan Islandia (0,64), dinilai paling mungkin untuk memiliki fitur yang diperlukan untuk bertindak sebagai perlindungan yang efektif dalam menghadapi pandemi global bencana. “ Dari tempat ini skala besar masyarakat teknologi dapat berhasil dibangun kembali, ” tulis para penulis dalam makalah mereka.

Selain dari tiga negara tersebut semua pulau lainnya di daftar 20 besar dengan skor kurang dari 0,50, adalah Jepang, Barbados, Kuba, Fiji, dan Jamaika

“Agak tidak mengejutkan, negara-negara ini memiliki PDB tinggi, mandiri dalam produksi pangan dan atau energi,” para peneliti menjelaskan.

Berikut daftar 20 negara yang dinilai aman bersembunyi dari pandemic global yang memusnahkan. Apakah Indonesia ada?

    Australia
    Selandia Baru
    Islandia
    Jepang
    Cape Verde
    Bahamas
    Trinidad and Tobago
    Barbados
    Madagaskar
    Kuba
    Mauritius
    Fiji
    Maldives
    Sri Lanka
    Komoro
    Solomon Islands
    Jamaika
    Filipina
    Vanuatu