Menerka Keuntungan Teknologi 5G Dalam Kehidupan Sehari-hari


Saat ini, beberapa negara di dunia sudah menerapkan teknologi 5G. Teknologi jaringan kelima ini digadang dapat membantu memudahkan segala lini kehidupan.

Technical Trainer of Huawei SP Muhammad Johan Arshad mengatakan, 5G yang juga disebut dengan NR (New Radio) ini memiliki kecepatan rata-rata 100Mbps dan hanya mengalami delay 1 milidetik.

Perubahan teknologi jaringan dari 4G ke 5G sangat membantu banyak sektor dalam implementasinya. Karena ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan 4G. “Misalnya advance VR, auto driving car, telesurgery, dan advance smart city application. 5G juga membantu IoT (internet of things),” ujar Johan, saat ditemui di Jakarta, Jumat (11/10/2019).


Beberapa kota di Indonesia memang sudah banyak yang berevolusi menjadi smart city. 5G pun dirasa sangat membantu dalam implementasinya.

Johan mencontohkan, smart city di berbagai dunia sudah memudahkan warganya dalam mencari parkir. Cukup dengan aplikasi, masyarakat tidak perlu lagi takut kendaraannya ditilang atau diangkut petugas karena parkir di tempat yang salah. “Tentu ini bisa menghemat waktu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Johan, dalam smart agriculture, penggunaan 5G sangat tepat di Indonesia karena memiliki banyak lahan pertanian. Teknologi ini memungkinkan para petani untuk tidak menguras tenaga berlebih. Pasalnya, 5G dapat digunakan untuk menyemprotkan pestisida dan pupuk cari dengan menggunakan drone.

Belum cukup sampai di sana, 5G juga dapat membantu kehidupan sehari-hari dalam mengontrol jaringan listrik. Pada rumah pintar yang sudah terkoneksi 5G, penghuninya dapat menghidupkan atau mematikan jaringan listrik ketika tidak dipakai. Tentu ini membuat tagihan lebih sedikit dan penggunaan lebih efisien. “Pengaturannya juga bisa pakai ponsel,” ujar Johan.

Kemudian, dalam implementasi di kehidupan perkotaan misalnya smart waste management, 5G dapat digunakan sebagai sensor aktual ketika sampah di perumahan penuh. “Sinyal akan terkirim pada otoritas untuk dilakukan pengangkutan yang cepat dan tepat,” tambahnya.

Penggunaan 5G di Indonesia sendiri dirasa tidak menghadai kendala berarti. Karena masyarakat kita sudah terbiasa dengan penggunaan teknologi. “Adaptasi 5G saya rasa lebih cepat daripada 3G ke 4G, kata Mohamad Rosidi, Direktur ICT Strategi Huawei Indonesia, di tempat yang sama.

Kendati demikian, Rosidi tidak menampik bahwa akan ada gap antara teknologi dengan sumber daya manusia di Indonesia. “Seperti biasa, jika ada teknologi baru, biasanya diberikan sosialiasi. Saya rasa gap ada, tapi tidak besar,” kata dia.

Secara konkret, teknologi 5G dapat memberikan pengalaman yang lebih memuaskan kepada masyarakat ketika berselancar di dunia maya karena kecepatanny

1 comments:

Author
avatar

ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

Reply