Resmi, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20 2021


Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U21 2021. Pengumuman tersebut dilakukan FIFA di Shanghai, China, Kamis (24/11/2019), dalam FIFA Council.

Menurut pesan singkat dari Kemenpora yang diterima SINDOnews, Indonesia berhasil mengalahkan Peru dan Brasil. "Dukungan surat jaminan yg ditanda-tangani Bapak Presiden tanggal 7 Agustus 2019, dan beberapa Menteri dan Kapolri pada 28 Agustus pukul 23.30 telah mendukung keberhasilan Indonesia," kata Tisha dalam pesan singkat tersebut.


Selain itu, dukungan penuh juga diberikan Menteri Luar Negeri. "Juga dukungan dari Bu Menlu melalui para Dubes RI dan juga dukungan Para Menteri Olahraga ASEAN (saya mewakili Pak PLT Menpora) yang kami hadiri di Manila tanggal 9 Oktober 2019, sangat besar pengaruh dukungannya."

Ucapan selamat juga langsung disampaikan Presiden FIFA Gianni Infantino. "Kami sampaikan selamat kepada Indonesia. Kami memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," katanya.


Sementara itu untuk venue yang akan digunakan, PSSI telah menunjuk antara lain Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Patriot (Bekasi), Mandala Krida (Yogyakarta) Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

Dengan dipastikannya Indonesia menjadi tuan rumah, maka dipastikan juga bahwa Merah-Putih akhirnya bisa kembali mentas di Piala Dunia, setelah terakhir pada Piala Dunia U-20 1979.