Ini Cara Agar Ponsel Aman Dipakai Saat Hujan


Belakangan ini, warga Jabodetabek selalu disapa hujan setiap harinya. Dari intensitas rendah hingga tinggi, hujan kerap membasahi warga. Bahkan, sampai menimbulkan banjir di banyak titik.

Di musim penghujan seperti ini, harus lebih berhati-hati dalam penggunaan perangkat elektronik. Sebab, seperti diketahui, air dapat merusak komponen di dalamnya. Terutama pada ponsel, karena pasti sering digunakan di manapun.

Ponsel yang terpapar air tentu akan cepat rusak. Mengutip laman Gizbot, Jumat (3/1/2020), ada beberapa cara untuk mengantisipasi kerusakan tersebut.


Pertama, pengguna dapat menggunakan waterproof case. Alat tambahan ini memang dirancang khusus untuk mencegah air masuk ke dalam ponsel melalui ports.

Kedua, gunakan zip lock pouches. Kantong berbahan plastik dengan risleting ini terbukti aman melindungi ponsel dari terpaan hujan.

Ketiga, jika tidak memiliki kedua alat tambahan di atas, pengguna juga bisa menggunakan kantong plastik sebagai langkah darurat. Tetapi, ponsel harus dimasukkan ke dalam tas atau tempat lain yang aman ketika di bawa hujan-hujanan.

Keempat, gunakanlah bluetooth headset. Ketika hujan, pasti sangat merepotkan jika harus mengeluarkan ponsel jika ingin menjawab atau melakukan panggilan. Penggunaan perangkat ini bisa menjadi solusi.

Kelima, biasakan membawa handuk. Ukurannya tidak perlu besar, yang kecil pun cukup membantu ketika ponsel tidak sengaja terkena air. Selain itu, handuk juga bisa digunakan untuk membalut ponsel untuk mengurangi risiko basah.

Keenam, pastikan tidak mengisi daya ponsel ketika ponsel basah. Sebab, kondisi basah dapat merusak komponen secara permanen. Apa lagi menggunakan powerbank ketika terpaksa hujan-hujanan. Harus sangat dihindari.