NASA Rilis Video Mengerikan Saat Gunung Taal Meletus


NASA meluncurkan video yang menunjukkan saat gunung berapi Taal Filipina m memuntahkan lava dan hujan abu serta belerang selama ratusan mil dan ledakannya begitu besar.

Dalam Rekaman tersebut dan telah diposting oleh Earth Observatory NASA memperlihatkan Gunung api yang meletus itu berada 40 mil selatan ibu kota Filipina, Manila. Gumpalan abu raksasa telah dimuntahkan gunung Taal.

Lebih dari 8.000 orang telah dievakuasi dan bandara utama telah ditutup. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina telah memperingatkan bahwa mereka yang tinggal di dekat gunung kemungkinan akan melihat bahaya tsunami.

Sejauh ini, gunung berapi Taal telah memuntahkan gumpalan abu setinggi 1 km (0,6 mil) disertai dengan suara gemuruh dan getaran. Aktivitas vulkanik menunjukkan peningkatan gejala yang dapat menyebabkan erupsi berbahaya dalam beberapa minggu ke depan.

Gumpalan abu yang telah melayang memaksa pembatalan 172 penerbangan masuk dan keluar dari bandara internasional pada hari Minggu. General Manager Ed Monreal mengatakan penerbangan juga akan ditangguhkan pada hari Senin karena ada abu di landasan.

Gumpalan abu dari Gunung Api Taal terlihat jelas dari kota Tagaytay, tempat pengamatan yang sering dikunjungi untuk gunung berapi.