Pecundangi Tottenham, Liverpool Cetak Sejarah


Liverpool mencetak sejarah sebagai klub pertama di lima liga top Eropa yang memenangkan 20 dari 21 pertandingan pembukaan mereka. The Reds memastikan tiga angka seusai mengalahkan Tottenham Hotspur dalam dalam lanjutan Liga Primer 2019/2020 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (11/1/2020) waktu lokal atau Minggu (12/1/2020) dini hari WIB.

Gol semata wayang The Reds dicetak Roberto Firmino pada menit ke-37. Memanfaatkan umpan cerdik Mohamed Salah, pemain asal Brasil itu melepaskan tendangan ke sudut kanan bawah yang tak mampu dijangkau kiper Gazzaniga.

Selebrasi Firmino tertunda lantaran wasit Martin Atkinson belum menunjuk titik kick-off dan berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR). Wasit ingin memastikan apakah Salah melakukan handball saat menahan bola sebelum mengumpan ke Firmino. Hasil pengamatan VAR, tak ada handball dan 1-0 untuk keunggulan The Reds yang bertahan hingga jeda.


Tak ada lagi gol tercipta meski di babak kedua jual beli serangan terjadi. Tottenham sempat mendapat sejumlah peluang emas lewat Son Heung-min dan Giovani lo Celso yang mendapat bola di depan gawang pada menit ke-82. Namun, sepakan kaki kirinya dari jarak sangat dekat melebar ke kanan.

Dengan kemenangan ini, Liverpool menatap gelar Liga Primer musim ini. Tiga poin membuat The Reds kokoh di puncak klasemen dengan 61 poin atau unggul 16 poin dari Leicester di urutan kedua.

Liverpool, yang mengejar gelar pertama mereka dalam 30 tahun terakhir, juga siap untuk memecahkan banyak rekor lainnya. Kemenangan mereka membuat mereka melampaui rekor Liga Primer 2017/2018 milik Manchester City dengan 59 poin dari 21 pertandingan. The Reds juga masih bisa mencapai tonggak penting lainnya seperti kemenangan dan poin terbanyak dalam satu musim.

Melawan Spurs, The Reds mencatat penguasaan bola hingga 67% berbanding 33% milik Spurs. Catatan BBC Sports, ada 13 tembakan mengarah ke gawang, dan tujuh tepat sasaran.

Sedangkan Tottenham melakukan 14 tembakan mengarah ke gawang, dan hanya empat tepat sasaran. Dengan kekalahan ini Spurs tertahan di peringkat 8 klasemen dengan 30 poin.

Catatan Opta, pelatih Spurs Jose Mourinho hanya memenangi dua dari 10 laga melawan Juergen Klopp sepanjang karier kepelatihannnya (20%). Di antara 114 pelatih yang sudah dia hadapi lebih dari dua kali, hanya melawan Ronald Koeman (17%, 1 kemenangan dalam 6 pertandingan) yang memiliki rasio kemenangan yang lebih buruk.