Topspeed Menang Motor MotoGP, Tapi Kenapa Mobil F1 Lebih Cepat Muterin Sirkuit?


Sebagai perwakilan ajang balap roda dua dan roda empat, MotoGP dan Formula 1 punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal kecepatan.

Misalnya untuk urusan akselerasi, Red Bull pernah mencoba mengadu motor Honda milik Marc Marquez dan mobil Red Bull milik Daniel Ricciardo.

Pada 0-200 km/jam motor MotoGP unggul dari mobil F1, 4,8 detik dan 5,2 detik. Namun pada 0-300 km/jam, F1 malah berhasil unggul dari motor MotoGP, 10,6 detik dan 11,8 detik.

Lalu, untuk urusan top speed, motor MotoGP berhasil unggul. Misalnya yang tercatat di GP Catalunya, pembalap MotoGP menorehkan top speed pada kisaran 340-350 km/jam sedangkan F1 hanya 325 km/jam.

Tapi mengapa rata-rata waktu lap yang ditorehkan di Formula 1 jauh lebih cepat dibanding motor MotoGP?

Yang tercatat di GP Catalunya, rata-rata pembalap MotoGP mencatatkan waktu 1 menit 40 detik sedangkan mobil F1 di sekitar angka 1 menit 20-an detik.

Hal itu karena mobil F1 bisa melalui tikungan jauh lebih cepat dari motor MotoGP. Saat melewati tikungan, motor MotoGP harus mengurangi kecepatannya sangat banyak dengan hard braking.

Jika tidak, pembalap bakal keluar trek atau kalau nekat menikung bakal crash. Sementara mobil F1 hanya cukup mengurangi sedikit kecepatannya untuk melewati tikungan.

Mobil Formula 1 mempunyai cengkeraman ke tanah lebih kuat dari motor MotoGP. Dari segi sistem aerodinamika, mobil F1 juga lebih unggul dengan downforce yang lebih besar juga.

Jadi begitu sob jawabannya.