Virus Kuno Misterius Ditemukan Sembunyi di Es


Gletser masif yang berada di dataran Tibet, China, ternyata menjadi rumah bagi virus-virus yang belum pernah diketahui sebelumnya. Mereka diperkirakan sudah terjebak di sana selama 15 ribu tahun.

Tim peneliti dari China dan Amerika Serikat mempublikasikan temuan terhadap 28 kelompok virus baru tersebut, sekaligus memperingatkan bahwa perubahan iklim bisa saja melepaskan virus kuno ini ke dunia modern.

Dikutip dari Science Alert, tim mengebor sampai kedalaman 50 meter untuk mengambil dua buah inti es. Lalu dengan teknik mikrobiologi, mereka dapat mengidentifikasi eksistensi mikroba.

"Mikroba yang ada berbeda secara signifikan di dua inti es, kemungkinan terkait dua kondisi iklim sangat berbeda saat waktu penyimpanan," sebut tim periset.

"Perubahan iklim bisa melenyapkan rekaman mikroba yang bisa didiagnosa dan memberi informasi Bumi masa lalu, namun demikian dalam skenario terburuk, mencairnya es juga bisa melepaskan patogen ke lingkungan," tambah mereka.

Jika virusnya kategori berbahaya, maka bisa runyam akibatnya lantaran dunia modern tidak punya persiapan untuk menghadapinya.

Mencairnya gletser belakangan memang terus terjadi di berbagai belahan dunia, terutama di Antartika. Di Januari 2019, periset menyatakan es di wilayah itu mencair enam kali lipat lebih cepat dari yang terjadi pada tahun 1980-an.